Sukses

Banjir Bandang Terjang Australia, 1 Orang Tewas dan 10 Orang Dilaporkan Hilang

Hujan lebat menyebabkan banjir bandang di Australia timur dan memicu serangkaian peringatan darurat di sepanjang pantai Pasifik.

Liputan6.com, Brisbane - Hujan lebat menyebabkan banjir bandang di Australia timur dan memicu serangkaian peringatan darurat di sepanjang pantai Pasifik. Satu orang ditemukan tewas di dalam mobil yang tenggelam banjir dan 10 lainnya dilaporkan hilang pada Rabu (23/2/2022). 

"Jenazah pria berusia 60 tahun yang tenggelam itu ditemukan Rabu pagi di negara bagian Queensland," kata Perdana Menteri Annastacia Palaszczuk kepada parlemen, menggambarkan insiden itu sebagai "tragedi" seperti dikutip dari Channel News Asia.

Hujan hampir setengah meter telah turun di beberapa bagian negara bagian Australia dalam 24 jam terakhir, menyebabkan beberapa penutupan jalan dan kekacauan transportasi.

Layanan darurat telah menerima lebih dari seratus panggilan untuk bantuan dan kru penyelamat air yang cepat telah dikirim untuk menyelamatkan puluhan warga yang terdampar.

"Ini berpotensi menjadi peristiwa curah hujan yang signifikan untuk Queensland tenggara," kata Palaszczuk.

Sebuah kereta barang dilaporkan terbalik di dekat Kota Gympie, meskipun pengemudi dikatakan mengalami luka ringan.

Media lokal mengutip Inspektur Distrik Polisi Sunshine Coast Craig Hawkins mengatakan 10 orang juga hilang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akhir Musim Panas yang Basah

15 bendungan Queensland sudah mencapai kapasitasnya dan lebih banyak hujan diperkirakan akan turun dalam beberapa hari mendatang.

"Hujan deras lokal mungkin terjadi dan karena banyak daerah tangkapan air sekarang jenuh, ada peningkatan risiko banjir bandang yang berbahaya dan mengancam jiwa dalam beberapa hari mendatang," kata Palaszczuk.

Polisi memperingatkan pengendara untuk menghindari mengemudi melalui jalan banjir dan tinggal di rumah.

"Banjir bandang terjadi di jalan dan jembatan - pertimbangkan kembali kebutuhan Anda untuk bepergian hari ini," kata polisi kepada penduduk.

Hujan deras juga mengguyur negara bagian New South Wales, tempat sebagian Sydney terendam sebentar pada Selasa 22 Februari.

Setelah beberapa tahun kekeringan dan kebakaran hutan yang memperburuk iklim, bagian timur Australia mengakhiri musim panas antipodean yang sangat basah, berkat pola cuaca La Nina.

La Nina meningkatkan kemungkinan siklon tropis di lepas pantai Pasifik Australia dan membawa curah hujan di atas rata-rata, menurut Biro Meteorologi negara itu.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.