Sukses

RI-Korsel Bahas Peningkatan Kerja Sama Terkait Kapal Selam

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menerima kunjungan kehormatan (courtesy call) Menteri Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (Minister of Defense Acquisition Program Administration - DAPA) Gang Eun-Ho di Mabesal Cilangkap, Jakarta. Jumat (28/1)

Kehadiran Minister of DAPA Korea Selatan di Markas Besar Angkatan Laut tersebut disambut upacara penyambutan oleh Pasukan Kehormatan, demikian disebutkan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari Dinas Penerangan Angkatan Laut, Sabtu (29/1/2022).

Selanjutnya Minister of DAPA yang dalam kunjungan tersebut didampingi Dubes Korsel di Jakarta Park Tae-sunv, Athan Korsel di Jakarta Captain (N) Jung Yeun Soo, First Secretary Kedubes Korsel Mr Kim Hyunwook, Exe Vice President of DSME Mr Yoo Sujun, dan interpreter Korea-Indonesia Min Seon-hee diterima Kasal di Lobby Gedung Utama.

Sementara itu, pejabat Mabesal yang ikut mendampingi Kasal adalah Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid Kacong , Danseskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, Waaslog Kasal Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo, dan Kadisadal Laksamana Pertama TNI Maman Rohman.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Aturan Protokol Kesehatan

Pertemuan yang penuh persahabatan ini tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid-19 dengan mengenakan masker dan menjaga jarak.

Dibahas beberapa hal diantaranya bagaimana DAPA akan mendukung, memperbaiki dan meningkatkan kapabilitas terhadap kapal selam, dan juga diskusi terkait bentuk pendidikan dan pelatihan TNI AL dengan ROK Navy terkait operasional kapal selam, serta rencana hibah kapal jenis korvet.

Sebagaimana diketahui, TNI AL saat ini memiliki tiga unit kapal selam hasil kerja sama PT PAL Indonesia dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan.

Yakni, KRI Nagapasa-403 yang dibangun di Korsel dengan tenaga kerja dari Daewoo, KRI Ardadedali-404 dibangun di Korsel dengan bantuan tenaga kerja dari PT PAL, dan Alugoro-405 yang diproduksi di Surabaya.