Sukses

25 Januari 1924: Olimpiade Musim Dingin Pertama Digelar di Chamonix

Liputan6.com, Chamonix - Pada 25 Januari 1924, para atlet berkumpul di Chamonix-Mont-Blanc di Prancis. Mereka hadir di acara yang kelak akan dikenal sebagai Olimpiade Musim Dingin pertama dalam sejarah. 

Situs resmi Olympics menyebut awalnya kompetisi ini disebut International Winter Sports Week, sebelum dikenang sebagai Olimpiade Musim Dingin pertama: Chamonix 1924.

Acara digelar pada 25 Januari - 6 Februari, dan berhasil menarik perhatian 10 ribu penonton.

Atlet Charles Jewtraw (Amerika Serikat) menjadi pemenang pertama di Winter Games ini dengan meraih emas di speed skating 500 meter.

Clas Thunberg (Finlandia) berhasil menunjukkan kelasnya dengan meraih tiga emas, satu perak, dan satu perunggu di speed skating.

Ada pula Helene Engelmann dan Herma Planck-Szabo dari Austria yang meraih emas di cabang figure skating.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Perolehan Medali

Ada sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan di Chamonix 1924: bobsleigh, cross country skiing, figure skating, nordic combined, curling, ice hockey, ski jumping, speed skating, dan military patrol.

Norwegia berhasil menjadi pemenang dengan perolehan empat emas, tujuh perak, dan tujuh perunggu.

Thorleif Haug menjadi atlet berprestasi dari pihak Norwegia. Ia meraih emas di nordic combined, figure skating, cross country skiing, dan ski jumping.

Peringkat dua diraih Finlandia dan peringkat tiga dimenangkan Austria. Tuan rumah Prancis berada di posisi sembilan.

Kecuali military patrol, semua olahraga di Chamonix 1924 masih akan hadir di Olimpiade Musim Dingin 2022 yang akan digelar di Beijing.