Sukses

Asteroid Berukuran Setengah Lapangan Sepak Bola Dekati Bumi Awal Februari 2022

Liputan6.com, Jakarta - Asteroid berukuran setengah lapangan sepak bola sedang menuju Bumi. Batu ruang angkasa itu akan melintas dekat Bumi pada awal Februari 2022.

Meski melintas dekat Bumi, menurut Purple Mountain Observatory (PMO) ari Akademi Ilmu Pengetahuan China, asteroid tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi planet Bumi. Asteroid tersebut pertama kalinya terlihat oleh observatorium tersebut pada 1 Januari.

Pusat Planet Kecil (Minor Planet Center/MPC) di bawah Perhimpunan Astronomi Internasional mengonfirmasi penemuan asteroid itu dan menamainya 2022 AA, yang berarti asteroid di dekat Bumi pertama yang ditemukan pada 2022. Sejak saat itu, stasiun-stasiun pengamatan di Amerika Serikat dan Chile terus mengawasinya secara cermat.

Diperkirakan memiliki lebar 43 meter, objek antariksa yang baru ditemukan itu termasuk dalam kelompok asteroid Apollo. Asteroid-asteroid itu memiliki orbit yang lebih besar dibandingkan orbit Bumi yang mengelilingi matahari dan jalur mereka bersilangan dengan orbit Bumi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Melintasi Bumi pada 4 Februari

Observatorium China PMO memproyeksikan bahwa asteroid itu akan terbang melintasi Bumi pada 4 Februari.

Zhao Haibin, kepala ilmuwan program Teleskop Objek Dekat-Bumi di observatorium tersebut, menuturkan bahwa asteroid itu tengah menuju Bumi dan diperkirakan akan mendekat pada jarak 2,55 juta kilometer dari permukaan Bumi.

"Mengingat jaraknya, asteroid itu tidak akan menimbulkan ancaman bagi Bumi," ujar Zhao.

3 dari 3 halaman

Infografis Asteroid-Asteroid Pengancam Bumi