Sukses

Temuan 2 Kasus Omicron Picu 14 Juta Warga Tianjin China Diuji Tes COVID-19

Kota Tianjin di China muncul sebagai area perhatian baru setelah lebih dari 20 kasus COVID-19 dilaporkan di sana dalam beberapa hari terakhir, kebanyakan dari mereka diimpor dari luar negeri.

Liputan6.com, Tianjin - Kota Tianjin di China utara pada Minggu 9 Januari 2022 menyarankan hampir 14 juta penduduknya untuk tinggal di rumah, sementara pihak berwenang melakukan pengujian COVID-19 massal setelah serentetan kasus baru-baru ini, termasuk dua yang disebabkan oleh varian Omicron. Demikian menurut laporan media pemerintah.

Tianjin muncul sebagai area perhatian baru setelah lebih dari 20 kasus COVID-19 dilaporkan di sana dalam beberapa hari terakhir, kebanyakan dari mereka diimpor dari luar negeri, menurut Komisi Kesehatan Nasional setempat seperti dikutip dari AFP, Senin (10/1/2021).

Kasus COVID-19 tersebut termasuk setidaknya dua kasus varian Omicron, serta 15 infeksi di antara siswa sekolah dasar dan menengah, menurut berbagai laporan media pemerintah.

Kota dekat ibu kota Beijing ini meluncurkan pengujian massal pada Minggu pagi, menyarankan penduduk untuk tinggal di atau dekat rumah agar tersedia untuk pemeriksaan asam nukleat tingkat komunitas.

Namun, sejauh ini, tidak ada perintah penguncian yang lebih besar yang terlihat.

Pihak berwenang China telah berjuang dengan wabah yang lebih besar yang berpusat di kota barat laut Xi'an yang telah memicu pertanyaan tentang kebijakan tanpa toleransi negara dari penguncian ketat dan pengujian massal segera untuk mengekang wabah.

China, tempat Virus Corona COVID-19 pertama kali terdeteksi pada 2019, sejauh ini hanya melaporkan segelintir kasus Omicron.

Penduduk Tianjin telah diberitahu bahwa sampai mereka mendapatkan hasil tes negatif, mereka tidak akan menerima kode "hijau" pada aplikasi pelacak COVID-19 pada ponsel cerdas yang sekarang harus ditunjukkan oleh hampir semua orang di China saat menggunakan transportasi umum dan dalam situasi lain.

Tianjin adalah kota pelabuhan utama sekitar 150 kilometer (90 mil) tenggara Beijing.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lockdown Xi'an yang Jadi Sorotan

Xi'an, rumah bersejarah bagi Terracotta Warriors yang terkenal di China, lockdown bulan lalu, memaksa 13 juta penduduknya berada di dalam ruangan. Jumlah kasus baru di sana telah melambat dalam beberapa hari terakhir.

Pejabat telah menghadapi keluhan dari warga Xi'an atas penanganan lockdown yang kacau, termasuk akses yang buruk ke makanan dan kebutuhan sehari-hari, dan kasus-kasus viral seperti keguguran yang diderita oleh seorang wanita hamil delapan bulan yang ditolak masuk ke rumah sakit tanpa tes COVID-19.

Pemerintah China telah menggembar-gemborkan tanggapan ketat awalnya terhadap COVID-19, yang sebagian besar telah mengendalikan pandemi di dalam perbatasannya, lebih disukai daripada tindakan yang terkadang longgar dan kacau di luar negeri.

Penerbangan internasional adalah sebagian kecil dari tingkat pra-pandemi dengan kedatangan menjalani karantina ketat selama berminggu-minggu, dan aplikasi lacak dan lacak wajib berarti kontak dekat biasanya terdeteksi dan dikarantina dengan cepat.

China secara ketat menerapkan pendekatan tanpa toleransi karena wabah terus muncul menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing bulan depan.

Penghitungan resmi China sejak awal pandemi - lebih dari 100.000 kasus COVID-19 - adalah sebagian kecil dari rekor satu juta kasus yang dicatat oleh AS dalam satu hari awal bulan ini.

Namun, kasus-kasus dari wabah awal China yang kacau di Wuhan pada awal 2020, diyakini secara luas tidak dilaporkan.

Jumlah kematian resmi China tetap di bawah 5.000.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Benda di Rumah Wajib Dibersihkan Cegah Penyebaran COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • COVID

  • Tianjin