Sukses

Jerman Kirim 5 Juta Vaksin Moderna ke Indonesia

5 juta vaksin Moderna dari Jerman sudah tiba di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besasr Jerman di Indonesia mengumumkan datangnya donasi 5 juta vaksin COVID-19 ke Indonesia. Ini merupakan bagian kebijakan Jerman untuk memperjuangkan distribusi vaksin yang adil.

Pada Kamis (23/12/2021), pengiriman 5.077.400 dosis vaksin dari Jerman mulai tiba di Jakarta. Sumbangan vaksin tersebut diserahkan kepada pemerintah Indonesia oleh Thomas Graf, Kuasa Usaha Kedutaan Besar Jerman di Jakarta.

"Kami sangat bahagia bahwa hari ini kami menyerahkan kiriman pertama sumbangan kami yang terdiri dari 5.077.400 dosis vaksin Moderna. Pengiriman kedua akan segera menyusul pada Malam Natal, 24 Desember," ujar Thomas Graf dalam rilis resmi Kedubes Jerman, Kamis (23/12/2021).

"Melalui sumbangan ini, Jerman memberikan dukungan kepada Indonesia dan program vaksinasinya. Bersama kita melawan COVID-19," lanjutnya.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Jerman atas kerja sama dan persahabatannya.Retno menyoroti pengiriman perdana dari Pemerintah Jerman yang langsung dalam jumlah yang besar.

“Ini mencerminkan kuatnya kemitraan Indonesia dengan Jerman yang tahun depan akan memperingati 70 tahun hubungan diplomatik, serta merupakan komitmen dan bukti solidaritas pemerintah dan rakyat Jerman atas penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jerman Donasi 175 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Menurut info Kedubes Jerman, rencananya Jerman akan mengirimkan sekurangnya 175 juta dosis vaksin ke negara berkembang dan menuju maju, yang sebagian besar diedarkan melalui platform vaksin COVAX.

Jerman percaya bahwa pandemi hanya dapat dikalahkan melalui pendekatan bersama secara global. Jerman menggunakan prinsip “tidak ada yang aman sampai semua orang aman”, Jerman menjadi salah satu pendiri platform akselerator akses peralatan COVID-19 (ACT-Accelerator) pada tahun 2020.

Selain menyumbangkan vaksin, Jerman juga merupakan donor kedua terbesar yang mendukung ACT-Accelerator dengan dana 2,2 miliar euro (33,5 triliun rupiah).

Sebagian besar dana ini disalurkan ke platform vaksin internasional COVAX yang telah memasok lebih dari 610 juta dosis vaksin Covid-19 ke 144 negara dan wilayah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.