Sukses

Kaleidoskop Sains 2021: Sorotan Asteroid Sebesar Burj Khalifa Menuju Bumi hingga Gerhana Matahari Cincin

Kaleidoskop sains di kanal Global Liputan6.com meliputi asteroid sebesar Burj Khalifa menuju Bumi hingga fenomena gerhana matahari cincin.

Liputan6.com, Jakarta - Selama tahun 2021, berbagai fenomena sains telah terjadi sepanjang tahun. 

Fenomena sains tersebut mulai dari asteroid sebesar Burj Khalifa dan sepanjang Paus Biru yang melintasi Bumi pada awal tahun. 

Selain itu, fenomena sains lainnya yang juga terjadi di tahun 2021 adalah gerhana bulan, gerhana bulan total dan gerhana matahari cincin dalam waktu yang berbeda. 

Kemudian, misi DART NASA yang akan menabrak asteroid dan pesawat ruang angkasa NASA yang melakukan uji coba untuk membuang asteroid ke luar jalur juga menyorot perhatian dunia sains.

Baca berita lengkapnya dari sejumlah fenomena sains yang terjadi di sepanjang tahun 2021:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Asteroid Sepanjang Paus Biru Diprediksi Lintasi Bumi 22 Januari 2021

Batu angkasa luar yang dikenal sebagai 2020 YE5 saat ini sedang melewati Mars. Asteroid itu menuju ke luar Matahari sebelum menyelesaikan orbit lainnya. Batu angkasa luar sebesar 55 meter itu juga akan berayun di dekat Bumi, ungkap NASA.

Dengan panjang 23 meter, asteroid itu seukuran paus biru.

Baca berita selengkapnya...

3 dari 9 halaman

2. Asteroid Sebesar Burj Khalifa Menuju Bumi, Akan Melintas pada 17 Desember 2021

Asteroid besar berukuran sebanding dengan Burj Khalifa di Dubai --gedung tertinggi di Bumi-- sedang menuju planet manusia. Pelacak asteroid NASA memprediksi batu ruang angkasa itu akan melintasi Bumi pada pertengahan Desember.

Disebut sebagai 163899 (2003 SD220), asteroid besar ini memiliki diameter sekitar 791 meter, hampir setengah mil panjangnya. Ini hampir seukuran Burj Khalifa yang merupakan bangunan buatan manusia tertinggi di dunia.

Baca informasi lengkapnya...

4 dari 9 halaman

3. 5 Fakta Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Super Blood Moon hingga Bima Sakti Muncul

Gerhana Bulan Total (GBT) yang juga disebut Blood Moon puncaknya bakal muncul pada 26 Mei 2021. Gerhana Bulan Total kali ini juga disebut Super Flower Blood Moon Eclipse. 

Sebutan Super Blood Moon karena bulan tampak berwarna agak oranye kemerahan dan karena bulan purnama, satelit Bumi akan tampak sangat besar juga.

Selengkapnya di sini...

5 dari 9 halaman

4. Gerhana Bulan Sebagian Terlama Abad Ini Terjadi 19 November 2021, Diprediksi Muncul 3 Jam Lebih

19 November 2021 esok bakal terjadi fenomena langit yang jarang terjadi, Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia. Hal itu dibenarkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Fenomena ini, seperti disebutkan NASA --sebelumnya dikatakan muncul 18-19 November 2021-- diprediksi bakal jadi yang terlama abad ini.

Selengkapnya di sini...

6 dari 9 halaman

5. Fakta-Fakta Gerhana Matahari Cincin 10 Juni, Waktu hingga Cara Menyaksikannya

Gerhana Matahari Cincin pertama pada 2021 akan berlangsung hari ini, Kamis 10 Juni. Fenomena langit ini terjadi hanya beberapa hari setelah fenomena Gerhana Bulan Merah dan Gerhana Bulan Total terjadi pada 26 Mei.

Gerhana Matahari cincin adalah pemandangan langka dan memesona yang tidak boleh dilewatkan.

Simak selengkapnya...

7 dari 9 halaman

6. Misi Dart NASA Akan Tabrak Asteroid Dimorphos dengan Pesawat Ruang Angkasa

Sebuah pesawat ruang angkasa telah diluncurkan dalam misi untuk menguji teknologi yang suatu hari nanti dapat mengarahkan asteroid berbahaya keluar jalur.

Misi Dart NASA ingin melihat betapa sulitnya menghentikan batu luar angkasa yang besar agar tidak bertabrakan dengan Bumi. Pesawat ruang angkasa akan menabrak objek yang disebut Dimorphos untuk melihat seberapa besar kecepatan dan jalurnya dapat diubah. 

Baca selengkapnya....

8 dari 9 halaman

7. Pesawat Ruang Angkasa NASA Uji Coba Buang Asteroid ke Luar Jalur

Sebuah pesawat ruang angkasa akan meluncurkan dan menguji teknologi yang suatu hari nanti mungkin diperlukan untuk mengarahkan asteroid berbahaya keluar jalur.

Misi Dart NASA akan mengevaluasi proposal lama untuk menetralkan batu ruang angkasa yang cukup besar menuju Bumi.

Simak informasi lengkapnya...

9 dari 9 halaman

Infografis Jurus NASA Cegat Asteroid Berpotensi Tabrak Bumi:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.