Sukses

Pesawat Ruang Angkasa NASA Uji Coba Buang Asteroid ke Luar Jalur

NASA menguji coba pesawat yang dapat membelokkan asteroid ke luar jalur.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pesawat ruang angkasa akan meluncurkan dan menguji teknologi yang suatu hari nanti mungkin diperlukan untuk mengarahkan asteroid berbahaya keluar jalur.

Dikutip dari BBC, Selasa (23/11/2021)), misi Dart NASA akan mengevaluasi proposal lama untuk menetralkan batu ruang angkasa yang cukup besar menuju Bumi.

Pesawat ruang angkasa akan menabrak objek yang disebut Dimorphos untuk melihat seberapa besar kecepatan dan jalurnya dapat diubah.

Jika bongkahan puing kosmik berukuran beberapa ratus meter bertabrakan dengan planet kita, itu bisa menyebabkan kehancuran di seluruh benua. Ini adalah upaya pertama untuk membelokkan asteroid dengan tujuan mempelajari cara melindungi Bumi, meskipun asteroid khusus ini tidak menimbulkan ancaman.

"Dart hanya akan mengubah periode orbit Dimorphos dalam jumlah kecil. Dan hanya itu yang diperlukan jika asteroid ditemukan jauh sebelumnya," kata Kelly Fast, dari kantor koordinasi pertahanan planet NASA.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Misi Dart

Pada hari Rabu, roket Falcon 9 yang membawa pesawat ruang angkasa Dart akan diluncurkan dari Vandenberg Space Force Base di California.

Asteroid adalah blok bangunan sisa Tata Surya, dengan sebagian besar tidak menimbulkan ancaman bagi planet kita. Tetapi ketika jalur batu ruang angkasa mengelilingi Matahari melintasi Bumi sehingga kedua objek berpotongan pada saat yang sama, tabrakan dapat terjadi.

Misi Dart senilai $ 325 juta (£ 240 juta) akan menargetkan sepasang asteroid yang mengorbit dekat satu sama lain - yang dikenal sebagai biner. 

Yang lebih besar dari dua objek, yang disebut Didymos, berukuran sekitar 780m, sedangkan pendampingnya yang lebih kecil - Dimorphos - lebarnya sekitar 160m.

Objek seukuran Dimorphos bisa meledak dengan energi berkali-kali lipat dari bom nuklir biasa, menghancurkan daerah berpenduduk dan menyebabkan puluhan ribu korban. 

Asteroid dengan diameter 300m dan lebih besar dapat menyebabkan kehancuran di seluruh benua, sedangkan yang lebih besar dari 1km akan menghasilkan efek di seluruh dunia.

Setelah Dart diluncurkan, pertama-tama ia akan lepas dari gravitasi Bumi, mengikuti orbitnya sendiri mengelilingi Matahari. Ia kemudian akan mencegat biner saat mendekati dalam jarak 6,7 juta mil dari Bumi pada September 2022.

Dart akan menabrak Dimorphos "moonlet" dengan kecepatan sekitar 15.000 mph (6,6 km/s). Ini akan mengubah kecepatan objek dengan sepersekian milimeter per detik - pada gilirannya mengubah orbitnya di sekitar Didymos. 

Ini adalah pergeseran yang sangat kecil, tapi itu bisa cukup untuk menjatuhkan objek dari jalur tabrakan dengan Bumi.

3 dari 3 halaman

Infografis Asteroid-Asteroid Pengancam Bumi:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.