Sukses

Indonesia Terima 1,5 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Moderna dari AS

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat terus mendukung Indonesia dalam memerangi COVID-19.

Pada Selasa (7/12) Amerika Serikat mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin Moderna kepada Indonesia, bagian dari donasi vaksin berkelanjutan, melalui kemitraan dengan COVAX, Pemerintah Indonesia, dan UNICEF.

Dosis vaksin yang aman dan efektif ini akan menyelamatkan jiwa dan membantu melindungi masyarakat Indonesia dari COVID-19.

Amerika Serikat adalah donor terbesar untuk COVAX, dengan total komitmen 4 miliar dolar, yang telah membantu Gavi memfasilitasi donasi total lebih dari 44,7 juta dosis vaksin kepada Indonesia, demikian disebutkan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari Kedubes AS, Rabu (8/12/2021).

Secara bilateral, sampai saat ini Amerika Serikat telah menyumbangkan 18,4 juta dosis vaksin COVID-19 kepada Indonesia.

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan Amerika Serikat untuk terus memimpin upaya vaksinasi COVID-19 dunia, Amerika Serikat menyumbangkan total 1,1 miliar vaksin COVID-19 kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah di seluruh dunia.

Secara global, Amerika Serikat telah mengirimkan 291 juta dosis vaksin COVID-19 tanpa pamrih dan telah berjanji untuk memberikan 200 juta dosis lagi hingga Maret 2022.

Selain memberikan vaksin, pemerintah AS melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan mitra lainnya untuk memperkuat program vaksinasi di Indonesia dengan mendukung penambahan lokasi vaksinasi, pelatihan tenaga kesehatan untuk memberikan vaksin, melawan misinformasi tentang vaksin, dan masih banyak lagi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Komitmen Amerika Serikat

Hingga saat ini, lebih dari 3.400 vaksinator yang didukung USAID di 768 klinik keliling dan sementara telah memvaksinasi lebih dari 1,1 juta orang Indonesia dalam melawan COVID-19.

Sejak awal pandemi, pemerintah AS telah berkomitmen lebih dari 77 juta dolar untuk mendukung respons COVID-19 Indonesia, yang merupakan tambahan dari lebih dari 1 miliar dolar dalam bentuk bantuan terkait kesehatan selama dua dekade terakhir.

Amerika Serikat bekerja sama dengan Indonesia untuk mempercepat deteksi dan pelacakan kasus COVID-19, meningkatkan kemampuan laboratorium, pengawasan penyakit, dan kapasitas respons cepat, serta memastikan lebih banyak orang tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri dan orang lain.

"Sejak Maret 2020, dukungan kami telah menjangkau lebih dari 165 juta orang di Indonesia— 60 persen dari populasi penduduk."

"Amerika Serikat telah membantu sekitar 44.000 tenaga kesehatan garis depan dan memperkuat lebih dari 1.400 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia."

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Covid-19 Booster, Butuh atau Enggak?