Sukses

Pereda Kram Menstruasi hingga Turunkan Obesitas, Ini 5 Manfaat Cokelat

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai jenis olahan cokelat sudah dinikmati banyak orang dari waktu ke waktu, tetapi hanya sedikit yang menyadari manfaat kesehatan substansial yang disediakan cokelat bagi tubuh.

Cokelat adalah bubuk yang dibuat dari bijinya dengan cara dihancurkan dan dihilangkan lemaknya.

Ini pertama kali digunakan oleh bangsa Maya dan kemudian diperkenalkan ke Eropa, di mana digunakan sebagai obat pada masa itu. 

Dilansir dari laman Bright Side, Senin (6/12/2021) berikut adalah sejumlah manfaat kesehatan yang berasal dari cokelat:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Meredakan Kram Menstruasi

Untuk meredakan nyeri kram menstruasi secara alami, makan dark chocolate adalah solusi yang tepat. Cokelat pahit mengandung kakao pereda ini, yang membawa nutrisi yang disebut magnesium. 

Tubuh Anda membutuhkan magnesium agar tetap sehat. Jika Anda mengalami rasa sakit di area seperti pinggul, paha, dan perut, magnesium dalam cokelat adalah solusi cepat untuk menenangkan otot-otot rahim Anda. 

3 dari 7 halaman

2. Menurunkan Obesitas

Jika Anda mengira cokelat menyebabkan kenaikan berat badan, Anda akan terkejut. Kecuali Anda mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah banyak, dosis yang tepat sebenarnya membantu mengendalikan berat badan Anda.

Kakao termasuk fitonutrien yaitu zat yang berasal dari tumbuhan dan sangat menyehatkan.

Kakao juga rendah lemak dan gula dan sangat bagus untuk meningkatkan tingkat energi Anda dan sekaligus membuat Anda merasa kenyang. Jadi, jika Anda menginginkan solusi penurunan berat badan yang sehat tanpa merasa lapar sepanjang waktu, kakao adalah solusi tepat. 

4 dari 7 halaman

3. Membantu Penderita Asma dan Alergi

Kakao mengandung dua senyawa khusus yang disebut theobromine dan theophylline, yang keduanya dianggap anti asma.

Yang pertama, theobromine membantu meringankan saluran udara di paru-paru Anda dan melindungi dari kanker paru-paru karena menurunkan risiko alergi; sementara teofilin membantu saluran udara Anda rileks dan memiliki kualitas anti-inflamasi.

5 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Kakao sangat bagus untuk menyegarkan kekebalan Anda karena memiliki kualitas antioksidan yang meningkatkan aliran darah, membuat usus lebih sehat, dan menenangkan sehingga dapat mengurangi stres. 

6 dari 7 halaman

5. Bagus untuk Gigi dan Kulit

Kakao sangat bagus untuk melindungi gusi Anda dari gigi berlubang dan kerusakan gigi. Ini mengandung polifenol yang membantu melawan asam yang menyerang email gigi Anda (zat putih yang menutupi gigi).

Kakao tidak hanya membantu gigi Anda tetap sehat, tetapi juga bagus untuk kulit Anda.

Cokelat dikhususkan untuk perlindungan matahari dan hidrasi keseluruhan kulit Anda.

7 dari 7 halaman

Infografis Omicron Menyebar dari Afrika Selatan: