Sukses

16 November 2001: Debut Film Harry Potter ke Layar Lebar

Film Harry Potter pertama tayang di bioskop di seluruh Amerika Serikat.

Liputan6.com, Washington - 20 tahun yang lalu, Harry Potter, tokoh fiksi ciptaan penulis Inggris JK Rowling membuat debut layar lebarnya di Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, yang dibuka di seluruh bioskop Amerika Serikat.

Berdasarkan novel fantasi terlaris dengan judul yang sama, film yang dibintangi Daniel Radcliffe sebagai pemeran utama, menjadi salah satu film dengan pendapatan kotor tertinggi dalam sejarah, seperti dilansir dari History, Selasa (16/11/2021).

Buku Harry Potter pertama, Harry Potter and the Philosopher's Stone, memulai debutnya di Inggris pada 1997 dan dirilis di Amerika Serikat pada tahun berikutnya dengan nama Harry Potter and the Sorcerer's Stone. 

Anak-anak dan orang dewasa sama-sama terpikat oleh kisah Harry, teman-temannya Ron Weasley dan Hermione Granger, petualangan mereka di Sekolah Sihir Hogwarts dan perjuangan Harry melawan musuh utamanya, Lord Voldemort yang jahat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah Harry Potter Pernah Ditolak Penerbit

Ide kisah Harry Potter bermula saat Rowling sedang naik kereta api ke Manchester ke London pada 1990. Saat itu, dia sudah menulis buku pertama dan menyelesaikannya saat tinggal di Edinburg, Skotlandia, di mana dia sedang berjuang secara finansial sebagai ibu tunggal dan melawan depresinya.

Naskah lengkapnya ditolak oleh sejumlah penerbit sebelum dia mendapatkan kesepakatan buku dengan Bloomsbury Publishing pada Agustus 1996.

Rowling kemudian menulis total tujuh novel Harry Potter, yang semuanya menjadi blockbuster internasional, terjual lebih dari 400 juta eksemplar dan diterjemahkan ke dalam sekitar 60 bahasa. 

Buku-buku itu juga melahirkan serangkaian film, video game, dan merchandise lainnya yang menjadikan Rowling salah satu orang terkaya di industri hiburan.

3 dari 3 halaman

Aktor yang Melekat Dalam Film Harry Potter

Film Harry Potter pertama disutradarai oleh pembuat film Amerika Chris Columbus, yang kredit sebelumnya termasuk Home Alone dan Mrs Doubtfire.

Selain Daniel Radcliffe yang menjadi tokoh Harry, film tersebut dibintangi juga oleh Rupert Grint dan Emma Watson sebagai peran teman Harry, Ron dan Hermione. Lalu, ada juga aktor terkenal sebagai peran pendukung dalam film dan berbagai sekuelnya, yakni Ralph Fiennes, Maggie Smith, Alan Rickman, Emma Thompson, Richard Harris dan Gary Oldman.

Columbus juga menyutradarai film Harry Potter kedua yang berjudul Harry Potter and the Chamber of Secrets, yang dirilis pada 2002. Sutradara Meksiko Alfonso Cuaron menyutradarai film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, yang tayang di bioskop pada 2004.

Film keempat, Harry Potter and the Goblet of Fire, disutradarai oleh Mike Newell dan memulai debutnya pada 2005, sementara tahun 2007 menjadi saksi rilis film kelima, Harry Potter and the Order of the Phoenix, yang disutradarai oleh David Yates. 

Film Harry Potter keenam, Harry Potter and the Half-Blood Prince, juga disutradarai oleh Yates, dibuka pada 2009. Novel ketujuh dan terakhir, Harry Potter and the Deathly Hallows, memulai debutnya di toko buku AS pada 21 Juli 2007. Ini menjadi dua film, dirilis dalam dua bagian pada 2010 dan 2011. 

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.