Sukses

Bunga Bangkai Langka Asli Sumatra Mekar di San Diego California

Tanaman endemik asal Indonesia menjadi sorotan lantaran mekar di San Diego.

Liputan6.com, San Diego - San Diego Botanic Garden menyambut ribuan pengunjung untuk acara Halloween tahun ini yang menyeramkan dan bau. Bunga bangkai langka di taman itu mekar untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun.

Bunga bangkai yang secara ilmiah dikenal sebagai Amorphophallus Titanum ini mulai mekar pada pertengahan Minggu sore. Mekar sepenuhnya berlangsung sekitar 48 jam, jadi pihak taman memperkirakan peristiwa langka terjadi pada Selasa malam.

Bunga bangkai membutuhkan waktu tujuh hingga sepuluh tahun untuk pertama kali mekar, selanjutnya akan mekar setiap empat hingga lima tahun. Mekarnya bunga tersebut yang bertepatan dengan Halloween tahun ini pun menjadi pemandangan nan langka.

Melansir UPI, Rabu (3/11/2021), San Diego Botanic Garden mengatakan tanaman khusus ini berusia 14 tahun dan terakhir mekar Oktober 2018.

Nama bunga bangkai berasal dari bau daging busuk menyengat yang dipancarkan bunga selama mekar.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by San Diego Botanic Garden (@sandiegobotanicgarden)

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanaman Asal Indonesia yang Terancam Punah

Bunga bangkai, tanaman asli pulau Sumatera di Indonesia ini dianggap terancam punah, dengan kurang dari 1.000 tersisa di alam liar. Pekerja pun berupaya menyerbuki bunga betina di sepanjang pangkal tanaman dengan harapan menghasilkan benih baru untuk ditanam dalam beberapa bulan mendatang.

Pihak taman memungkinkan pengunjung untuk datang melihat dan mencium bunga dengan mendapatkan tiket terlebih dahulu.

Sementara pemirsa di rumah dapat melihat tanaman tersebut mekar melalui siaran langsung yang dibuat pihak taman. Fasilitas tersebut juga memposting video selang waktu bunga saat mekar selama 24 jam.

"Bunga bangkai adalah bintang rock dunia tumbuhan," kata Presiden dan CEO SDBG Ari Novy, pada Minggu. "Ini menjadi pusat perhatian hari ini dengan mekar dan baunya yang luar biasa."

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.