Sukses

Hari Kucing Sedunia, 7 Cara untuk Merawat Peliharaan Anda dengan Baik

Merayakan hari kucing dengan melakukan perawatan kucing berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal 8 Agustus, dunia memperingati Hari Kucing Internasional. Peringatan ini sebagai gerakkan untuk meningkatkan kesadaran tentang kucing dan upaya melindungi mereka.

Dikutip dari Times of India pada Minggu, 8 Agustus 2021, meskipun kucing menjadi hewan pelihara yang dicintai manusia. Ternyata masih ada sebagian orang yang kurang menyukai.

Kucing memang memiliki sorot mata yang tajam dan suka menyendiri. Beberapa bahkan mungkin menganggap mereka binatang yang tidak penyayang.

Sebenarnya hal tersebut salah besar, kucing memiliki cara unik tersendiri untuk menunjukkan kasih sayangnya. Mereka bisa mendengkur, menggosok pipi, dan menggoyangkan ekornya. Bahkan kucing jauh lebih mandiri daripada anjing.

Di sisi lain, banyak orang menilai kucing jarang dirawat karena tak perlu perawatan khusus. Padahal kucing juga perlu mendapatkan beberapa perawatan sebagai berikut:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kucing Rumahan Memerlukan Vaksinasi Rutin dan Obat Cacing

Kucing membutuhkan perlindungan dari berbagai penyakit. Bahkan jika mereka hidup 24x7 di dalam ruangan.

Disarankan untuk mulai memvaksinasi anak kucing pada usia sekitar 6-8 minggu. Diskusikan vaksin inti dan rutinitas pengobatan cacing dengan dokter hewan Anda. Terutama jika kucing Anda terbiasa hidup di dalam dan di luar ruangan.

3 dari 8 halaman

2. Melatih Kucing

Anda mungkin tidak dapat melatih kucing Anda untuk melakukan trik-trik keren. Untuk itu, sepertinya Anda bisa mencoba metode pelatihan clicker dan memberikan camilan kucing sebagai penghargaan atas perilaku baiknya.

4 dari 8 halaman

3. Olahraga

Cobalah mengajak kucing berolahraga. Kucing juga membutuhkan stimulasi fisik dan mental. Anda bisa memulainya dengan mainan puzzle, mainan tali, tiang garukan, dan permainan lempar tangkap.

5 dari 8 halaman

4. Mengganti Susu

Kebanyakan kucing sulit mencerna susu sehingga memicu masalah pencernaan. Namun, banyak orang tua kucing lebih suka memelihara kucing mereka dengan diet vegetarian.

Tentunya ini tidak dianjurkan karena kucing adalah karnivora, yang berarti lebih membutuhkan daging untuk kebutuhan protein mereka. Hal tersebut juga berlaku bagi kucing liar. Jadi untuk memberikan asupan Anda bisa memilih merek makanan kucing yang menawarkan berbagai macam ikan selain pilihan ayam dan domba. Makanan rumahan bukanlah pilihan tepat.

Kecuali disiapkan oleh ahli gizi veteriner, makanan rumahan cenderung tidak memenuhi skala nutrisi. Selain itu, beberapa bahan dapur umum seperti telur mentah, tulang ayam, tulang ikan, bawang merah, dan bawang putih justru berbahaya bagi kucing.

Dengan itu, pilihan yang aman dan nyaman adalah mengandalkan makanan kemasan seperti Whiskas yang menawarkan 100% makanan lengkap dan seimbang bagi anak kucing dan kucing.

6 dari 8 halaman

5. Produk Pengendalian Kutu

Kucing di luar rumah atau kucing liar lebih cenderung memiliki kutu. Jika tidak diatasi, kutu bisa menyebabkan penyakit serius. Oleh karenanya, konsultasikan dengan dokter hewan mengenai saran produk pengendalian kutu/kutu serta petunjuk dosis.

Ini tidak hanya akan membantu kucing atau kucing yang Anda pelihara. Akan tetapi juga akan mengurangi penyebaran kutu dan kutu ke seluruh hewan.

7 dari 8 halaman

6. Mengatur Drive Sterilisasi

Memandulkan dan mengebiri kucing luar ruangan dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan penyakit dan selanjutnya meningkatkan umur mereka. Selain itu, upaya ini menghentikan mereka untuk bereproduksi dan menambah jumlah kucing liar yang hidup di jalanan dengan kekurangan gizi.

Untuk lebih lanjut Anda bisa saling bertukar cerita bersama komunitas pecinta kucing terkait sterilisasi.

8 dari 8 halaman

7. Jadi Relawan

Bila Anda ingin berpartisipasi dalam gerakkan untuk merawat kucing liar. Anda bisa menjadi relawan dengan mengunggah dan memperkuat permohonan adopsi melalui media sosial Anda, menyumbang ke tempat penampungan dan pusat adopsi hewan, mendesak teman, anggota keluarga untuk mempertimbangkan adopsi. Kunjungi https://www.whiskas.in/cat-adoption, untuk informasi selengkapnya.

Tingkah menggemaskan kucing seringkali menuai kegembiraan bagi banyak orang. Seperti yang pernah ditanyakan oleh Charles Dickens, “Hadiah apa yang lebih besar dari cinta seekor kucing?”.

Berkenaan pada Hari Kucing Internasional, mari saling memperhatikan masalah kesehatan, nutrisi, dan kesejahteraan kucing. Sehingga dunia bisa menjadi tempat yang lebih baik bagi kucing.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.