Sukses

Produk Kerajinan Indonesia Dipamerkan di Paris, Hadirkan Suasana Tanah Air Saat Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Produk-produk kerajinan Indonesia dipamerkan di sebuah toko bernama Merci Beyond Bali, yang dibuat dengan tujuan untuk menghadirkan suasana Indonesia di Paris, di tengah pandemi COVID-19. 

Mengutip kemlu.go.id, Senin (26/7/2021), produk Indonesia akan dipamerkan selama satu bulan penuh, sejak dibuka pada 21 Juli dan diresmikan pada Jumat 23 Juli. 

“Merci Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Prancis yang tidak dapat berlibur menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di zamrud khatulistiwa akibat pandemi Covid-19," sebut Duta Besar RI Paris, Arrmanatha Nasir pada acara pembukaan Merci Beyond Bali.

Promosi Merci Beyond Bali yang rencana awal dilakukan tahun 2020, tahun ini diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Lobi utama toko Merci ditranformasi secara istimewa dalam dekor saung-saung di tengah pepohonan hijau dan sawah yang berundak-undak seperti di Bali.

Masing-masing saung menampilkan berbagai kekayaan kreativitas Indonesia yang disuguhkan oleh sekitar 28 merk dari Indonesia. Mulai dari produk fashion, busana, aksesoris dan pernak pernik, tas dan dompet, sampai dengan perabotan dan peralatan makan, semua bertuliskan “Made in Indonesia".

Produk-produk yang dipamerkan merupakan hasil kurasi toko Merci sendiri, didatangkan dan dibeli Merci langsung dari Indonesia. Sejumlah barang pun sudah laku terjual di hari pertama promosi.

“CEO Merci menyampaikan kepada saya bahwa Merci akan melakukan repeat order untuk beberapa produk karena sudah sold out," tutur Dubes RI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Mitra KBRI Paris

Acara pembukaan Merci Beyond Bali yang dihadiri mitra KBRI Paris dari kalangan pengusaha, desainer, budayawan, media Prancis dan Indonesia serta kalangan Pemerintah dan Parlemen Prancis.

Acara dimeriahkan dengan penampilan Tari Puspanjali dari Bali dan Tari Burung Enggang dari Kalimantan Timur, serta dilengkapi sajian kuliner khas Indonesia, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sebelum memasuki toko, para tamu harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (Health Pass) sesuai dengan kebijakan Pemerintah Prancis. 

Kolaborasi dengan toko, desainer, restoran, atau fashion house yang mengerti pasar dan consumer base di Prancis menjadi strategi utama KBRI Prancis dalam mempromosikan produk kreatif Indonesia.

Dalam satu tahun terakhir KBRI Paris telah berkolaborasi antara lain dengan Merci, Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba untuk mempromosikan berbagai produk Indonesia.

Mekanisme kerja sama memberikan keleluasaan bagi partner di Prancis untuk melakukan kurasi dan secara langsung membeli dan mengurus semua proses impor dari Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini