Sukses

Kiriman Bantuan Oksigen dari India ke Indonesia Mengalami Keterlambatan

Kapal Angkatan Laut (INS) Airawat sedang dalam perjalanan ke Tanjung Priok di Indonesia dengan bantuan medis.

Liputan6.com, New Delhi - Pemerintah India mengirimkan kapal angkatan laut berisikan 300 oksigen konsentrator dan 100 metrik ton oksigen medis cair ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar dalam sebuah postingan di Twitter mengatakan, Kapal Angkatan Laut (INS) Airawat sedang dalam perjalanan ke Tanjung Priok di Indonesia dengan bantuan medis. "India berdiri bersama mitranya dalam perang melawan COVID-19," tulis Jaishankar.

Namun, dilaporkan kedatangan kapal tersebut mengalami keterlambatan. "Ada keterlambatan kedatangan INS Airawat mencapai Tanjung Priok, Indonesia yang membawa 300 oksigen konsentrator & 100 MT Oksigen Medis Cair dari India. Akan terus mengabarkan Anda untuk perkembangan lebih lanjut," cuit Jaishankar.

Sebelumnya, Indonesia telah memberikan dukungan oksigen ke India ketika negara tersebut sedang terhuyung-huyung di bawah krisis gelombang kedua COVID-19.

Pemerintah Indonesia telah menjangkau China, Australia dan Singapura mencari bantuan untuk mengatasi krisis oksigen. Indonesia telah mengirimkan 3.400 tabung oksigen dan konsentrator ke India pada Mei 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Indonesia Lawan Varian Delta

Indonesia, negara terpadat keempat di dunia, telah menyaksikan lonjakan besar dalam kasus COVID-19 karena varian Delta.

Sekarang, Indonesia telah melaporkan lebih banyak kematian COVID-19 daripada Brasil.

Indonesia telah melaporkan lebih dari 2,8 juta kasus dan 73.582 kematian secara keseluruhan.

AS memiliki jumlah COVID-19 tertinggi yaitu 34 juta kasus dan kematian di angka 609.000 jiwa.

Lonjakan kasus COVID-19 telah membanjiri rumah sakit di Indonesia dan menghabiskan pasokan oksigen negara, yang sangat penting dalam menyelamatkan banyak nyawa.

3 dari 3 halaman

Infografis Krisis Pasokan Oksigen saat Lonjakan Kasus Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.