Sukses

Sering Mendapat Pertanyaan yang Tak Diharapkan, Ini 7 Metode Mengatasinya

Terkadang orang tidak menyadari bahwa apa yang mereka minta mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman. Bagaimana seharusnya kita menanggapi mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak alasan mengapa beberapa orang mengajukan pertanyaan yang sangat pribadi yang mereka harapkan jawabannya. Salah satu alasannya adalah mereka merasa bermusuhan dengan Anda dan ingin mendorong Anda ke tembok. 

Namun, terkadang orang tidak menyadari bahwa apa yang mereka minta mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman. Jadi terserah Anda untuk memberi tahu mereka bahwa Anda sama sekali tidak menjawab pertanyaan mereka.

Mengutip Bright Side, inilah tujuh metode yang dapat menjauhkan orang-orang usil dengan pertanyaan mereka yang selalu ingin tahu bisnis Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Ubah jawaban Anda menjadi pertanyaan paralel

Pertanyaan tentang status perkawinan Anda atau tentang kehidupan pribadi Anda, secara umum, merupakan salah satu pertanyaan yang tidak hanya mengganggu tetapi juga menghina.

Alih-alih bersikap defensif dan memulai percakapan pasif-agresif, Anda bisa mengajukan pertanyaan paralel. Anda seharusnya tidak merasa perlu untuk mempertahankan pilihan pribadi kepada orang-orang yang hanya usil.

Sebuah pertanyaan paralel akan mengalihkan perhatian mereka, dan mereka mungkin menyadari bahwa keputusan hidup mereka tidak sehebat yang mereka kira.

3 dari 8 halaman

2. Bersikaplah langsung dan lugas

Menjawab dengan nada yang sangat jelas dapat dianggap kasar oleh sebagian orang, tetapi ini adalah cara untuk menunjukkan perasaan Anda yang sebenarnya.

Jadi, jika menurut Anda orang lain melangkahi batas, Anda dapat memberi tahu mereka bahwa ini bukan urusan mereka.

Percaya diri dengan cara Anda dan orang lain pasti akan mengerti bahwa mereka harus menghentikan topik pembicaraan. Dengan cara ini, mereka mungkin akan belajar untuk tidak pernah mengajukan pertanyaan pribadi di masa mendatang.

4 dari 8 halaman

3. Tanyakan kepada mereka mengapa begitu penting untuk mereka ketahui

Pertanyaan yang tidak nyaman mungkin datang dari seseorang yang peduli atau ingin mengetahui pengalaman pribadi. Menanyakan kepada mereka mengapa mereka ingin mengetahui sesuatu yang spesifik tentang Anda akan mengungkapkan niat mereka yang sebenarnya.

Anda tidak perlu menjadi agresif atau curiga kecuali mereka memberi tanda yang jelas bahwa mereka sedang sibuk. Jaga agar suara Anda tetap ringan dan ramah karena tidak ingin orang lain menjadi defensif atau terhina jika niat mereka tulus.

5 dari 8 halaman

4. Membingkai ulang pertanyaan

Ini adalah cara untuk menciptakan " jembatan " dari pertanyaan yang canggung ke area diskusi yang lebih nyaman. Anda pada dasarnya mengarahkan percakapan ke titik yang tidak ada masalah untuk dibicarakan. Dan itu sangat logis jika Anda tidak siap untuk berbicara dengan orang lain tentang pikiran dan perasaan Anda tentang topik tertentu.

Anda tidak hanya dapat menghindari menjawab secara langsung, tetapi dapat membuat topik berbeda yang mungkin mengarahkan ke topik lain untuk dibicarakan.

6 dari 8 halaman

5. Berikan nasihat alih-alih jawaban langsung

Berbicara tentang perpisahan Anda baru-baru ini bisa sangat sulit dan emosional, tetapi orang yang ingin tahu masih akan menanyai Anda tentang hal itu. Anda dapat melompat keluar dari posisi sulit dengan menawarkan beberapa nasihat pribadi yang membantu Anda mengatasi waktu yang menyakitkan.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu memberikan terlalu banyak detail tentang hubungan Anda, tetapi Anda membuat percakapan yang lebih umum. Orang lain dapat terjun dan berbagi saran dan pengalaman mereka sendiri yang membantu mereka selama situasi serupa.

7 dari 8 halaman

6. Hindari menjawab dengan memberikan pujian

Banyak orang menyukai pujian dan dengan senang hati akan menerimanya dan membicarakan sesuatu yang melibatkan diri mereka sendiri. Jadi, ketika Anda ditanya pertanyaan terkenal, "Kapan Anda akan punya anak?" Anda cukup melengkapi orang lain.

Mulailah berbicara tentang anak-anak mereka dan betapa hebatnya mereka. Anda dapat melangkah lebih jauh dengan memuji mereka atas pekerjaan luar biasa yang telah mereka lakukan dalam membesarkan mereka menjadi manusia kecil yang sempurna.

8 dari 8 halaman

7. Jawab dengan ambigu

Ambiguitas tidak memberikan ruang bagi orang lain untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut karena mereka tidak mendapatkan jawaban yang pasti. Itu bekerja ketika Anda tidak ingin menjawab pertanyaan atau ketika Anda hanya ingin memikirkannya.

Oleh karena itu, Anda membuat selubung misteri, dan orang lain menyadari bahwa mereka tidak bisa mendapatkan jawaban yang jelas, dan itu jelas lebih baik daripada membuat cerita palsu yang cepat atau lambat akan terungkap dengan sendirinya.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.