Sukses

Ini Cara Terbaik Menjawab Pertanyaan Cerita Tentang Diri Saat Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa pertanyaan wawancara kerja yang ditakuti oleh kandidat pekerjaan. Salah satunya adalah pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda". Meski sudah terpredisksi namun, ini sering membuat gugup.

Meskipun Anda mungkin harus menjawab pertanyaan ini sebelumnya, Anda akan mudah panik ketika diminta untuk merangkum diri Anda dalam paket yang ringkas dan rapi.

Untuk mengatasi pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda", ada baiknya mengetahui apa yang sebenarnya dicari oleh pemberi kerja dan bagaimana menjawab itu semua.

Ketika seorang 'majikan' menanyakan pertanyaan ini di akhir wawancara kerja, itu berarti mereka tidak terlalu tertarik untuk mendengarkan kisah hidup Anda.

Menurut situsĀ The Cut, pertanyaan cepat adalah cara bagi pengusaha untuk mengatur nada wawancara dan mendapatkan gambaran tentang bagaimana kandidat memandang diri mereka sendiri.

Jika jawaban seseorang berfokus pada perjuangan mereka untuk menemukan dan mempertahankan pekerjaan, itu bisa menunjukkan kurangnya kepercayaan diri.

Seorang kandidat yang menggunakan pertanyaan itu sebagai alasan untuk mengoceh tentang masa kecil dan kehidupan pribadinya berisiko menjadi tidak fokus.

Pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda" mungkin terasa menakutkan, tetapi orang yang diwawancarai dapat menggunakan keterbukaan untuk keuntungan mereka.

Ini adalah kesempatan sempurna untuk mempromosikan diri Anda dan mengemukakan poin yang mungkin tidak Anda dapatkan di wawancara lainnya.

Saat pewawancara meminta untuk mendengar lebih banyak tentang Anda, ceritakan kisah singkat yang menarik tentang kehidupan profesional Anda saat wawancara kerja.

Ini seharusnya tidak hanya menjadi ringkasan resume Anda. Anda dapat menyebutkan semangat yang membawa Anda ke lapangan, tantangan yang telah membantu Anda tumbuh dalam karier, dan apa yang membuat Anda tertarik pada peran tersebut -- sesuaikan dengan apa yang perusahaan inginkan.

2 dari 3 halaman

Rekomendasi Rumus

Memang, ada rekomendasi yang selama ini begitu terkenal, dengan menjawab pertanyaan itu dalam sejumlah rumus yaitu, sekarang, masa lalu, masa depan atau masa lalu dan masa depan. Bagaimanapun, setiap bagian dari cerita Anda harus dibangun untuk tujuan profesional Anda, yang harus tercermin dalam pekerjaan yang Anda lamar.

Pihak perusahaan terkadang menggunakan pertanyaan ini sebagai pemecah kebekuan, jadi jangan takut untuk menunjukkan humor dan kepribadian dalam jawaban Anda.

Tapi jangan terlalu dipikirkan: Hal penting untuk diingat adalah bahwa "ceritakan tentang diri Anda" tidak sesulit kelihatannya.

Pertanyaan wawancara umum lainnya, seperti "apa kelemahan Anda?", jauh lebih sulit dipecahkan.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan di bawah ini: