Sukses

Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021 Bisa Terlihat di Wilayah Ini

Dalam gerhana matahari pertama tahun ini, bulan hampir seluruhnya akan menghalangi matahari, hanya menyisakan cincin berapi-api bintang Bumi yang terlihat pada Kamis 10 Juni 2021.

Liputan6.com, D.C - Dalam gerhana matahari pertama 2021 ini, Bulan hampir seluruhnya akan menghalangi matahari, hanya menyisakan cincin berapi-api yang terlihat pada Kamis 10 Juni 2021.

Skygazers hanya di beberapa tempat - di beberapa bagian Kanada, Greenland dan Rusia utara - akan dapat melihat cincin berapi-api ini, juga dikenal sebagai gerhana annular, menurut NASA.

Namun, gerhana matahari parsial - ketika bulan mengambil "porsi" melingkar dari matahari - akan terlihat di lebih banyak daerah di Belahan Bumi Utara, termasuk bagian dari Amerika Serikat bagian timur dan Alaska utara, sebagian besar Kanada, dan sebagian Karibia, Eropa, Asia dan Afrika utara, NASA melaporkan seperti dikutip dari Live Science, Senin (7/6/2021).

Gerhana matahari terjadi ketika bulan bergeser antara Bumi dan matahari, menghalangi beberapa atau hampir semua cahaya matahari. Selama gerhana annular, bulan cukup jauh dari Bumi bahwa terlalu kecil untuk menghalangi seluruh matahari. Sebaliknya, ketika bulan meluncur melintasi matahari, tepi luar matahari masih terlihat dari Bumi sebagai annulus, atau cincin.

Seluruh gerhana matahari annular akan berlangsung sekitar 100 menit, dimulai saat matahari terbit di Ontario, Kanada, dan melakukan perjalanan ke utara sampai saat gerhana terbesar, sekitar pukul 08.41 waktu setempat di Greenland (6:41 a.m. EDT; 11:41 GMT), 10:41 UTC di Greenland utara, dan berakhir saat matahari terbenam di Siberia timur laut, menurut Fase "cincin api", ketika bulan menutupi 89% matahari, akan berlangsung hingga 3 menit dan 51 detik di setiap titik di sepanjang jalan ini:

Jalur perlintasan gerhana matahari cincin Juni 2021 (kredit: NASA)

Daerah yang tidak jatuh di sepanjang jalur gerhana matahari akan melihat gerhana sebagian, jika cuaca memungkinkan. Di daerah-daerah ini, bagian dari luar bulan, bayangan yang lebih terang, dikenal sebagai penumbra, menghalangi matahari.

Ketika bulan lewat di depan matahari, akan terlihat seperti bayangan ini mengambil gigitan mewah dari bintang terang. Untuk pemirsa di Amerika Serikat, yang terbaik adalah menonton sebelum, selama dan tidak lama setelah matahari terbit, tergantung pada lokasi Anda, terutama jika Anda berada di bagian Tenggara, Timur Laut atau Midwest, atau di Alaska utara, NASA melaporkan.

Dengan kata lain, pastikan Anda memiliki pandangan yang jelas tentang cakrawala saat matahari mencoba menyambut hari baru, tetapi sebagian mungkin akan diblokir oleh bulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Perlintasan Gerhana

Di New York, misalnya, gerhana maksimum akan terjadi pada pukul 5:32 .m. EDT, menurut Space.com.

Di Inggris dan Irlandia, skywatchers akan melihat hingga 38% matahari diblokir selama gerhana parsial tak lama setelah pukul 11.m. waktu setempat, menurut Royal Astronomical Society.

Video NASA di atas bawah jalan gerhana matahari melintasi Bumi:

Sebaliknya, Gerhana Matahari Amerika Besar yang banyak ditonton pada tahun 2017 adalah gerhana matahari total, yang berarti bulan benar-benar menghalangi matahari.

Pemirsa di negara bagian AS di jalan dari Oregon ke South Carolina harus menyaksikan totalitas gerhana, ketika bulan benar-benar menghalangi matahari, memungkinkan orang untuk menatap ke atas tanpa perlindungan mata. (Ini aman, bagaimanapun, hanya selama saat singkat ketika bulan sepenuhnya menghalangi matahari.)

Karena gerhana minggu ini tidak akan mencakup totalitas, Anda tidak boleh melihat langsung gerhana, bahkan jika Anda mengenakan kacamata hitam.

Sebagai gantinya, Anda akan membutuhkan kacamata gerhana khusus atau alat lain, seperti penampil gerhana matahari buatan sendiri (inilah panduan langkah demi langkah) atau bahkan saringan spaghetti atau saringan, yang akan menunjukkan bayangan gerhana parsial jika Anda membiarkan matahari bersinar melalui lubangnyadan ke tanah atau permukaan lain.

Jika cuaca atau lokasi Anda mencegah Anda melihat gerhana, Anda dapat menontonnya langsung mulai pukul 05:30.m. EDT (9:30 UTC) di Proyek Teleskop Virtual.

Jika Anda melewatkan gerhana matahari ini, Anda masih memiliki satu tembakan lagi tahun ini. Gerhana matahari kedua dan terakhir tahun 2021 akan berlangsung pada 4 Desember.

Meskipun gerhana matahari total hanya akan terlihat dari Antartika, orang-orang di Afrika selatan, termasuk Namibia dan Afrika Selatan, dapat melihat sekilas gerhana matahari parsial, menurut timeanddate.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.