Sukses

Ngeri, Cacing Pita 18 Meter Keluar dari Anus Pria di Thailand

Seorang pria mengeluh sakit perut, ternyata ditemukan cacing pita sepanjang 18 meter keluar dari anusnya.

Liputan6.com, Jakarta Seorang dokter terkejut ketika mereka menemukan cacing pita sepanjang 59 kaki atau sekitar 18 meter di rektum (anus) seorang pria Thailand.

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (26/3/2021), pasien berusia 67 tahun itu mengunjungi rumah sakit, di provinsi Nong Khai, Thailand, mengeluh sakit perut dan perut kembung.

Dia tidak menyadari adanya masalah hingga sampel dari tubuhnya dikirim ke petugas medis di Pusat Penelitian Penyakit Parasitik, di provinsi tetangga Nakhon Ratchasima.

Di sana, tes laboratorium menunjukkan bahwa perut pria itu berisi 28 telur cacing.

Pria itu diberi obat cacing sebelum parasit raksasa itu keluar dari duburnya keesokan harinya pada 20 Maret.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cacing pita yang panjang keluar dari anus

Para petugas medis yang terkejut membeberkan parasit raksasa sepanjang 59 kaki atau sekitar 18 meter dan meletakkannya di atas tikar merah.

Seorang juru bicara Pusat Penelitian Penyakit Parasit mengatakan, "Cacing pita sapi Taenia saginata dengan panjang lebih dari 18 meter diperoleh dari pasien yang sampelnya dikirim ke pusat tersebut."

Dokter percaya parasit itu berasal dari daging mentah yang mengandung telur cacing pita.

"Itu sangat besar dan kami butuh beberapa saat untuk meletakkan semuanya di tanah," katanya.

Petugas medis mengatakan bahwa kasus cacing pita ini adalah yang terbesar yang mereka temukan di Thailand selama lebih dari 50 tahun.

Pasien diberi obat dan diperingatkan untuk mengubah kebiasaan makannya.

Dr Schawanya Rattanapitoon, yang memimpin tim tersebut mengatakan, "Penularan disebabkan oleh makan daging mentah. Parasit ini dapat hidup pada manusia selama lebih dari 30 tahun."

"Namun, saat ini mereka tidak bertahan lama karena obat yang lebih baik tersedia. Tapi cacing pita ini sangat panjang," tambahnya.

Menurut informasi sebelumnya, ini adalah yang terpanjang yang terlihat di Thailand selama 50 tahun.

Kami telah menyarankan agar keluarga pasien juga menjalani tes medis untuk mengetahui apakah mereka memiliki parasit karena mereka juga berisiko.

Kami memperingatkan mereka untuk tidak terus mengkonsumsi daging mentah karena itu adalah salah satu penyebab utama parasit di dalam tubuh.

Taenia saginata yang biasa dikenal dengan nama cacing pita sapi merupakan jenis parasit yang dapat hidup di usus manusia hingga 30 tahun.

Manusia terinfeksi ketika mereka makan daging mentah atau setengah matang yang mengandung larva infeksius.

 

Reporter: Veronica Gita

3 dari 3 halaman

Infografis Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.