Sukses

Ahli: Banyak Orang Pemalu Dipandang Negatif Oleh Sekitar

Ketika seseorang merasa malu akan cenderung tidak banyak bicara sehingga sulit bagi orang lain untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang dipikirkan.

Liputan6.com, Jakarta - Orang yang pemalu sebenarnya belum tentu merupakan orang introvert, terkadang ada yang sebenarnya ekstrovert namun canggung jika berada pada lingkungan yang baru.

Mengutip dari Bright Side, Selasa (9/2/2021), orang pemalu kemungkinan besar akan dinilai secara negatif, kata Bernie Caeducci, psikolog di Indiana University.

Ketika seseorang merasa malu akan cenderung tidak banyak bicara sehingga sulit bagi orang lain untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang dipikirkan.

Beberapa orang yang lebih supel mengatakan bahwa mereka menganggap orang pendiam menakutkan karena mereka pikir mereka tidak dapat diprediksi.

Kecemasan sosial dapat memengaruhi bahasa tubuh, yang dapat menimbulkan kesan bungkuk, dan ini tidak membantu jika secara kebetulan memiliki fitur wajah yang tidak ramah secara alami.

Lebih buruk lagi jika orang tersebut juga seorang introvert, yang berarti memerlukan waktu untuk sendiri dan ketika memilih untuk tidak bergaul dengan orang lain, dapat membuat seseorang tampak angkuh.

 

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beberapa Artis Juga Merasakannya

Tidak hanya dari masyarakat biasa, beberapa artis yang sering kita lihat di televisi juga pernah merasakan malu ketika berada di beberapa situasi.

Zendaya mengungkapkan bahwa ia masih berusaha mengatasi rasa malu masa kecilnya, apalagi saat ini profesinya sebagai seorang aktris.

Stylist-nya pernah mengatakan kepadanya bahwa dia terlihat dingin dan orang-orang mengira dia jahat karena dia tidak berbicara, tetapi sebenarnya dia terlalu gugup.

Tidak hanya Zendaya, Rihanna, seorang penyanyi internasional juga pernah mengalami hal serupa, ia mengatakan bahwa salah paham terbesar tentang dirinya adalah bahwa orang tidak tahu dia pemalu.

Dia mengakui bahwa dia berpura-pura hal itu tidak terjadi sehingga orang-orang mengira dia percaya diri, tapi sebenarnya dia sangat pemalu sehingga dia tidak ingin orang tahu bahwa dia pemalu.

Penyanyi tampan, Zayn Malik, juga mengaku bahwa dia bukan orang yang supel, meskipun dia memiliki julukan 'bad boy'.

Dia benar-benar seorang introvert yang berjuang melawan kecemasan

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi

Karena pendiam bisa membuat seseorang tampak seperti ratu dan raja es, mungkin bisa mencoba hal-hal sederhana untuk terlihat lebih ramah tanpa harus mengeluarkan energi yang besar, seperti dengan memuji orang lain atau mencoba untuk fokus pada orang yang suka berbicara.

Ketika berada pada situasi yang membuat seseorang berbicara sulit, dapat mencoba berbicara dengan wajah dan tubuh seperti tersenyum, mengangguk, mengangkat bahu, dan lain-lain.

Namun, jika beberapa orang masih salah paham dengan orang pemalu yang merespon dengan wajah dan tubuh meskipun telah melakukan semua upaya ekstra ini, mungkin inilah saatnya untuk keluar dari lingkungan tersebut.

Karena terkadang lebih baik terlihat sombong daripada menjadi seseorang yang bukan diri Anda.

 

Reporter: Veronica Gita

 

4 dari 4 halaman

Infografis Lonjakan Kasus Covid-19 dan Amarah Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.