Sukses

Senam Pakai Lagu Ampun Bang Jago, Benarkah Video Viral Ini Direkam Saat Kudeta Myanmar?

Liputan6.com, Myanmar - Seorang guru olahraga di Myanmar yang disebut-sebut bernama Khing Hnin Wai, membuat video dirinya sedang melakukan kelas senam yang ia unggah di Facebook. Video tersebut kemudian viral di media sosial lantaran menggunakan lagu 'Ampun Bang Jago' dengan latar kendaraan militer di tengah situasi kudeta

Bukan hanya karena latar kudeta yang membuat video senam itu viral. 

Yang lebih menarik lantaran musik di video tersebut menggunakan lagu 'Ampun Bang Jago' dari Indonesia yang sering dipakai sebagai olokan untuk figur arogan yang menyebalkan.

Namun, belum diketahui pasti keaslian video tersebut benar-benar direkam saat konvoi kendaraan militer terjai di sekitar gedung parlemen Myanmar atau hanya hasil editan.

2 dari 4 halaman

Keanehan

Dalam video tersebut, Khing Hnin Wai terlihat tidak sadar bahwa sedang ada kudeta di latar belakang videonya. Ia terus melakukan tarian tersebut hingga selesai tanpa berhenti saat konvoi militer datang. 

Namun, ada keanehan dalam video itu. Terlihat bayangan wanita itu terpotong antara lantai dan aspal yang jadi latar belakang.

Konvoi militer itu disebut sedang dalam perjalanan untuk melakukan kudeta militer yang terjadi terjadi pada Senin 2 Februari 2021.

Myanmar sedang mengalami kudeta dilakukan oleh militer. Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, tertangkap bersama sejumlah pejabat dan politikus pada penggerebekan yang dilakukan kemarin dini hari waktu setempat. 

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 4 halaman

Infografis Benarkah Sudah Divaksin Masih Bisa Kena Covid-19?

4 dari 4 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: