Sukses

Inggris Loloskan Vaksin AstraZeneca, Indonesia Pesan 50 Juta Dosis

Vaksin AstraZeneca diloloskan pemerintah Inggris untuk melawan COVID-19. Indonesia sudah pesan.

Liputan6.com, London - Pemerintah Inggris meloloskan vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca. Vaksin itu telah diuji klinis di berbagai negara, termasuk Afrika Selatan. Indonesia juga sudah memesan vaksin tersebut. 

Dilaporkan BBC, Rabu (30/12/2020), lolosnya vaksin COVID-19 ini berarti vaksinnya aman dan efektif untuk digunakan oleh publik. 

Pemerintah Inggris telah memesan 100 juta dosis vaksin AstraZeneca. Vaksin ini dikembangkan bersama Universitas Oxford. 

Ini adalah vaksin kedua yang lolos di Inggris setelah vaksin Pfizer. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Beli 100 Juta Vaksin COVID-19 dari Novavax dan AstraZeneca

Menteri Kesehtaan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah Indonesia telah melakukan penandatangan kerjasama suplai vaksin dari Novavax dan AstraZeneca.

Adapun, jumlah totalnya sebesar 100 juta, di mana komposisinya 50 juta berasal dari Novavax dan 50 juta berasal dari AstraZeneca. 

"Alhamdulillah hari ini pemerintah menyaksikan progres yang signifikan berupa penandatanganan perjanjian pembelian 50 juta dosis vaksin AstraZeneca oleh Bio Farma dan 50 juta dosis vaksin Novavax oleh Indofarma," ujar dia dalam konferensi pers virtual, Rabu (30/12/2020).

Menkes juga mengatakan, kerjasama ini diharapkan bisa memberikan variasi yang cukup untuk kebutuhan vaksin bagi rakyat Indonesia. Budi menargetkan proses pembelian vaksin ini bisa rampung maksimal dalam 2 pekan ke depan.

3 dari 4 halaman

Prioritas Vaksin

Jika sudah rampung, maka pemerintah bisa langsung masuk ke tahap selanjutnya yaitu distribusi vaksin ke seluruh pelosok Indonesia.

"Diberikan ke tenaga kesehatan, kemudian ke tenaga publik, dan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Setelah distribusi selesai, barulah proses vaksinasi dilaksanakan. Dirinya memohon dukungan pada seluruh pihak agar proses vaksinasi ini bisa berjalan dengan lancar.

"Tidak mungkin kami bisa melakukan ini sendiri, kami sangat membutuhkan untuk melakukan ini bersama-sama, tidak mungkin program ini sukses oleh Kementerian Kesehatan sendiri, tapi kita harus melakukannya sebagai gerakan dari seluruh rakyat Indonesia," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.