Sukses

Teh hingga Cengkeh, Ini 5 Bahan Sederhana Pereda Sakit Gigi

Sakit gigi sering disebabkan oleh gigi berlubang. Bisa juga ketika gigi hendak tanggal. Ini cara untuk meredakan rasa tak nyaman yang timbul.

Liputan6.com, Jakarta - Sakit gigi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling menyiksa. Sakit kepala, demam, hingga nyeri atau rasa cenut-cenut yang menyertainya bisa membuat penderita sakit gigi jadi menderita. Bahkan, bisa mempengaruhi mood atau suasana hati.

Sakit gigi sering disebabkan oleh gigi berlubang. Bisa juga ketika gigi hendak tanggal, hal yang biasa terjadi pada anak-anak yang dalam masa berganti gigi susu ke gigi dewasa.

Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Rupanya, untuk mengatasi masalah ini Anda tak mesti minum obat. Sejumlah benda-benda di dapaur bisa dimanfaatkan karena punya khasiat mengobati.

Seperti dikutip dari laman Healthline.com, Senin (14/12/2020), berikut 5 bahan sederhana di rumah yang bisa mengobati rasa sakit gigi:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kantong Teh Peppermint

Kantong teh dengan rasa pepermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi serta gusi sensitif.

Untuk melakukan ini, biarkan kantong teh bekas pakai dingin sebelum mengaplikasikannya ke area sakit pada gigi. Namun, jangan biarkan kantong teh sepenuhnya dingin, seharusnya masih sedikit hangat.

 

3 dari 6 halaman

2. Bawang Putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah diakui dan digunakan untuk pengobatan. Tidak hanya itu dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai penghilang rasa sakit.

Untuk menggunakannya, haluskan bawang putih dan taruh di ke area yang sakit. Bisa ditambahkan sedikit garam karena fungsi keduanya sama.

 

4 dari 6 halaman

3. Air Garam

Air garam adalah pengobatan yang efektif untuk mengurangi rasa sakit saat sakit gigi. Air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin menempel di antara gigi Anda.

Tak hanya mampu mengurangi rasa sakit pada gigi, air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.

Untuk menerapkan hal ini, Anda bisa menyampurkan setengah sendok teh garam ke segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

 

5 dari 6 halaman

4. Kompres Air Dingin

Saat sakit gigi melanda, pembuluh darah di area mulut dan pipi akan membesar. Untuk mengurangi rasa sakit, maka ambilah segelas air dingin dan kompres bagian pipi dengan menggunakan kain.

Sebab, rasa dingin dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Pembuluh darah akan menyempit dan membuatnya tidak sakit lagi. Lakukan praktek ini selama 20 menit. Anda bisa mengulangnya jika dibutuhkan.

6 dari 6 halaman

5. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sepanjang sejarah, karena minyak dari cengkeh dapat secara efektif mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Cengkeh mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Oleskan sedikit minyak cengkeh ke kapas dan gunakan ke area yang terkena.

Anda juga bisa menambahkan setetes minyak cengkeh ke segelas kecil air dan digunakan sebagai obat kumur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini