Sukses

Hari Penyandang Disabilitas Internasional, 5 Anak Selebritas Ini Alami Autisme

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah menetapkan 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional pada 1992.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 3 Desember 2020 merupakan Hari Peringatan Disabilitas Internasional. Merupakan bentuk peringatan tentang hak-hak yang sama bagi umat manusia di seluruh dunia.

Hari di mana kesetaraan bagi para penyandang disabilitas untuk tetap bisa mendapatkan akses yang sama dan layak seperti kebanyakan orang lainnya.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah menetapkan 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional pada 1992.

Hari Disabilitas Internasional juga bisa disebut sebagai International Day of People with Disability (IDPWD).

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja. Termasuk anak dari para pesohor dunia. Menyikapi kondisi ini, diperlukan dukungan dari orang tua, sebagai mana yang dilakukan sejumlah pesohor dunia ini.

Seperti dikutip dari laman dazzling.news, Kamis (3/12/2020), berikut ini 5 selebritas dunia yang memiliki anak penyandang disabilitas:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. John Travolta dan Kelly Preston

John Travolta dan Kelly Preston adalah dua selebritas di industri Hollywood terkenal berkat berbagai film dan proyek luar biasa.

Namun sebaliknya, mereka mengalami cobaan ketika pada tahun 2009 putra tertua mereka Jett (16) meninggal, menderita Kawasaki disease dan autisme.

Kawasaki disease adalah penyakit peradangan yang bisa menyebabkan komplikasi jangka panjang pada jantung.

 

3 dari 6 halaman

2. Toni Braxton

Salah satu hal yang membuat banyak penggemar Toni Braxton kagum pada dirinya lantan Braxton merasa bangga dengan keberadaan putranya yaitu Diezel yang menderita autisme. Dengan keberadaan dan sikapnya, dia berhasil mengampanyekan salah satu suara dalam perjuangan untuk mendeteksi Autism Spectrum Disorder (ASD) secara dini.

Ia menyampaikan bahwa orangtua butuhkan untuk menghadapi situasi ini dan itu adalah salah satu cara terbaik untuk menyikapinya.

 

4 dari 6 halaman

3. Sylvester Stallone

Sylvester Stallone juga harus menghadapi masalah autisme dengan putra keduanya, Seargeoh.

Aktor terkenal ini melakukan hal yang sama dan terus membangun kekuatan dengan dukungan untuk putranya, meski dalam ia juga terpukul saat putra tertuanya meninggal karena permasalahan jantung.

Lewat pengalaman ini, ia juga membangun kesadaran untuk melawan autisme yang pada anak dan mengampanyekan deteksi dini.

 

5 dari 6 halaman

4. Jenny McCarthy

Aktris dan model Amerika, yang menjadi terkenal karena berpose untuk majalah konten dewasa, Jenny McCarthy memiliki seorang putra yang pada mulanya berkembang dan tumbuh secara normal.

Anak tersebut merupakan buah hati dengan mantan suaminya. Pada usia 15 bulan, berdasarkan pernyataannya sendiri, putranya mengalami reaksi negatif terhadap vaksin yang memicu autisme.

Hal ini memotivasi dia untuk menjadi aktivis dan mempertahankan idenya untuk tidak memvaksinasi anak-anak, meskipun ini berlawanan dengan ilmuwan.

 

6 dari 6 halaman

5. Colin Farrell

Buah hati Colin Farrell lahir dengan kondisi yang dikenal sebagai sindrom Angelman.

Hal ini menyebabkan masalah epilepsi, kapasitas linguistik yang hampir nol, dan masalah keseimbangan dan pergerakan.

Namun, kondisi ini tidak menghalangi Colin untuk bertindak sebagai ayah yang patut dicontoh. Ia merawat anaknya berulang kali dengan bangga, tak malu sambil menggendongnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini