Sukses

6 Penyebab Mata Kedutan dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Sangat aneh ketika kita berada di depan umum dan tiba-tiba merasa mata kita mulai bergerak-gerak.

Hal tersebut kerap dikenal sebagai mata kedutan. 

Jika kedutan tersebut terjadi sangat minimal sehingga orang lain tidak menyadarinya dan, biasanya, tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan Anda. 

Tetap saja, mata kedutan terasa cukup menjengkelkan jika terjadi secara sering.

Melansir Bright Side, Rabu (18/11/2020), berikut adalah beberapa alasan mengapa kedutan sering terjadi dan beberapa cara mudah untuk mengatasinya:

2 dari 8 halaman

1. Terpapar Sinar dari Gadget

Masalah lain yang disebabkan oleh terlalu lama menatap layar adalah kedutan mata. Coba ikuti aturan 20-20-20: mengalihkan pandangan dari layar Anda setiap 20 menit dengan berfokus pada sesuatu yang berjarak 20 kaki dari Anda selama 20 detik atau lebih.

Selain itu, kacamata pelindung bisa menjadi penyelamat.

3 dari 8 halaman

2. Kurang Tidur

Jika Anda tidak membiarkan mata Anda cukup istirahat, mereka akan membalas Anda dengan kejang dari waktu ke waktu. 

Jika Anda menormalkan jadwal tidur Anda, masalahnya akan hilang. 

4 dari 8 halaman

3. Stres

Mata kita benar-benar bisa berkedut jika kita menghadapi terlalu banyak tekanan.

Stres juga dianggap sebagai salah satu penyebab kejang yang paling umum, jadi Anda harus tenang.

Latihan yoga dan pernapasan adalah cara yang bagus untuk memulai, tetapi setiap orang menemukan cara mereka sendiri untuk bersantai dan menemukan ketenangan mereka.

5 dari 8 halaman

4. Pola Makan yang Buruk

Jika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi, ini mungkin salah satu penyebab mata Anda berkedut. Vitamin dan elemen penting secara langsung memengaruhi otot dan sistem saraf kita, yang juga bertugas menjaga kestabilan kelopak mata.

Selain itu, stres sering kali memicu pilihan makanan yang buruk dan kita sudah tahu apa yang diakibatkan jika terlalu banyak stres dan pola makan yang buruk.

6 dari 8 halaman

5. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Terlalu banyak kafein adalah salah satu penyebab iritasi paling umum pada kelopak mata Anda. Coba kurangi kopi, teh, dan minuman berkafein (juga perhatikan semua gula dalam minuman ringan) selama beberapa minggu. Jika kedutan mata Anda hilang, Anda akan tahu bahwa kafein adalah penyebabnya.

7 dari 8 halaman

6. Alergi

Orang dengan alergi sering kali mengalami mata berair, sehingga mereka lebih sering menggosoknya hingga mengakibatkan iritasi.

Setiap kerusakan fisik pada mata Anda dapat memicu kedutan mata. Anda disarankan untuk menggunakan tetes mata ketika alergi Anda sangat mengganggu.

8 dari 8 halaman

Cara Mengatasi Mata Kedutan

Ada pun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata kedutan adalah:

1. Mengompres Mata dengan Air Hangat

Kompres dapat membantu untuk melumasi dan membuat mata Anda rileks ketika mengalami ketegangan. Pastikan air Anda tidak terlalu panas dan oleskan kain basah ke mata Anda. Setelah kain menjadi dingin, celupkan kembali ke dalam air hangat. Tahan kompres di mata Anda sampai kedutan benar-benar hilang.

2. Tutup Mata dengan Erat

Tutup mata Anda selama satu menit penuh dan remas sepanjang waktu setelah salah satu mata mulai kejang. Relakskan mata Anda selama 10 detik, lalu ulangi 3 kali lagi.

3. Pijat Kelopak Mata Bagian Bawah

Dengan pijatan ini, Anda meningkatkan sirkulasi mata dan menstimulasi otot.

Gunakan jari tengah untuk memijat lembut kelopak mata bagian bawah dengan melakukan gerakan memutar. Terus lakukan selama sekitar 30 detik. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum melakukan ini.