Sukses

Ini Penyebab Lingkar Mata Hitam Serta 5 Cara Pencegahannya

Liputan6.com, Jakarta - Alasan di balik lingkaran hitam di bawah mata berbeda-beda tergantung pada orangnya, tetapi satu penyebab yang kita semua miliki.

Yaitu, bayangan di bawah mata Anda disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mengalir bebas di pembuluh darah, yang menyebabkan hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi diproduksi oleh asam amino yang disebut melanin. Apa yang umumnya dikenal sebagai kantung mata, dapat dikaitkan dengan tindakan menggosok mata secara tidak sadar, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau tidur yang tidak memadai.

Sedangkan faktor lain termasuk genetika dan penuaan. Meski begitu, lingkaran hitam juga bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti alergi, eksim, dermatitis, dan anemia.

Melanin adalah pigmen cokelat atau hitam alami di tubuh kita yang bertanggung jawab untuk memberi warna pada kulit, rambut, mata, dan beberapa bagian tubuh kita lainnya.

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat mencegah terlalu banyak melanin masuk ke bawah mata, dikutip dari Bright Side, Jumat (13/11/2020):

 

2 dari 6 halaman

1. Latih postur tidur yang benar

Tidur dengan posisi tegak bisa mencegah bengkak pada bawah mata. Saat Anda tidur, cairan dapat terkumpul di bawah mata, terutama saat Anda berbaring dalam posisi yang lebih datar.

Menjaga kepala Anda sedikit ditopang dapat membantu mencegah penumpukan cairan itu, membuat wajah Anda terlihat cukup istirahat.

3 dari 6 halaman

2. Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari tidak hanya memaksa kulit kita menua lebih cepat, tetapi sinar UV yang berbahaya juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Penuaan kulit ini menyebabkan pembentukan lingkaran bawah mata yang bengkak dan gelap. Jadi, jika Anda berencana untuk berada di bawah sinar matahari, kenakan tabir surya dan kenakan kacamata dan topi.

 

4 dari 6 halaman

3. Cobalah bahan-bahan alami

Bahan-bahan umum yang dapat Anda temukan di rumah Anda sendiri, seperti mentimun dan kantong teh bekas, dapat bermanfaat dalam melawan kantung mata Anda.

Ketimun memiliki sifat mendinginkan dan anti-inflamasi yang hebat yang dapat membantu mengurangi pembengkakan di bawah mata, sementara kafein dan tanin dalam kantong teh juga membantu mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit. Untuk hasil terbaik, aplikasikan mentimun atau kantong teh selama 5 menit sebagai kompres dingin pada lingkaran hitam Anda, lalu bilas wajah Anda sesudahnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Siapkan facial dingin

Dengan cara yang sama seperti mentimun dingin dan kantong teh dapat mengurangi radang kantung mata, menggunakan es batu atau kompres dingin (atau kantong es) juga dapat mengurangi bengkak akibat lingkaran hitam di wajah.

Menerapkan es juga mempercepat penyembuhan kulit dan membuat kulit Anda tampak segar dan sehat.

 

6 dari 6 halaman

5. Tidur yang cukup

Saat tubuh kita kurang tidur, kulit kita cenderung terlihat lebih pucat, yang membuat kegelapan di bawah mata kita lebih terlihat.

Karena kulit di bawah mata kita cukup tipis, dapat dengan mudah menjadi gelap karena kelelahan, karena pelebaran pembuluh darah yang terus menerus.

Untuk orang dewasa, penting tidur setidaknya 7 sampai 9 jam setiap hari agar wajah kita tetap segar dan awet muda.