Sukses

Jangan Dikucek, Ini 4 Cara Aman Membersihkan Mata

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, bulu mata, kelopak mata, dan air mata kita bekerja sama jika ada benda asing memasuki organ penglihatan tersebut.

Meski demikian tetap saja sepotong pasir kecil atau debu masuk ke salah satu mata, seperti saat mengendarai sepeda atau saat Anda berada di pantai.

Hal ini dapat merusak permukaan kornea, yang bisa terasa menyakitkan, jadi penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengeluarkannya sesegera mungkin.

Bright Side membuat daftar beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengeluarkan benda dari mata Anda tanpa merusaknya lagi. Berikut 4 cara aman untuk membersihkan mata dari benda asing masuk, seperti dikutip pada Selasa (15/9/2020):

 

2 dari 6 halaman

1. Cuci tangan Anda sebelum menyentuh mata

Langkah ini sering dilupakan, terutama dalam kasus di mana Anda ingin menghilangkan iritan secepat mungkin.

Namun, sangat penting bahwa sebelum Anda menyentuh mata, tangan Anda bebas kuman. Anda akan mengurangi risiko terkena bakteri yang tidak diinginkan atau bahkan lebih banyak kotoran di mata Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Cobalah untuk berkedip dan biarkan air mata Anda membersihkannya

Mengucek mata adalah reaksi alami yang dialami hampir semua orang saat merasakan sesuatu mendarat di mata mereka. Tapi ini sebenarnya bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada mata Anda.

Jadi cobalah untuk melawan keinginan ini dan coba untuk menghilangkan pasir atau debu dengan berkedip beberapa kali.

Ini adalah cara normal tubuh Anda menjaga mata Anda aman dari benda-benda yang berpotensi berbahaya dan mungkin berhasil membebaskan mata Anda dari penyebab iritasi.

 

4 dari 6 halaman

3. Rendam mata Anda dalam air bersih

Bilas mata dan jangan biarkan benda lain menyentuh tepi atau bagian dalamnya. Isi cangkir atau gelas hingga setengah penuh dengan air bersih atau obat cuci mata, jika tersedia.

Jika Anda memiliki cangkir khusus untuk membersihkan mata, ini lebih baik. Sehingga Anda bisa menutup bagian tersebut dengan cangkir khusus.

Dengan menggunakan alat ini akan memungkinkan cairan membasuh semua bagian mata.

 

5 dari 6 halaman

4. Bilas mata Anda dengan durasi waktu yang tepat.

Penting untuk mengetahui berapa lama mata Anda perlu dibilas. Untuk apa pun yang menyebabkan iritasi ringan, seperti sabun tangan atau sampo, lima menit sudah cukup.

Saat bahan kimia masuk ke mata Anda, pastikan Anda membilasnya setidaknya selama 15 menit. Untuk penetrasi alkali (misalnya natrium atau kalsium hidroksida), bilas setidaknya selama 60 menit. Dan ingat, ketika bahan kimia masuk ke mata Anda, Anda harus selalu membutuhkan perawatan medis.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: