Sukses

Kabar Terkini Arnold Schwarzenegger, Sang Mantan Gubernur California

Liputan6.com, Cleveland - Lama tak terdengar di kancah politik Amerika Serikat, apa kabar mantan Gubernur California sekaligus bintang film Terminator, Arnold Schwarzenegger?

Dilansir dari Fox40, Selasa (27/10/2020), Schwarzenegger mengatakan bahwa dirinya menjalani operasi jantung untuk penggantian katup aorta.

Melalui akun Twitter miliknya, ia memberitahukan kabar terkini dirinya disertai potret diri tengah mengacungkan jempol dengan wajah tersenyum, seolah mengisyaratkan bahwa dirinya baik-baik saja.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim dokter yang telah merawatnya.

Arnold Schwarzenegger mengabarkan bahwa ia telah melihat-lihat pusat Kota Cleveland, Amerika Serikat, setelah operasi. Arnold menikmati pemandangan dan karya seni di sana.

"Saya merasa luar biasa dan telah berjalan-jalan di Cleveland menikmati patung-patung menakjubkan," ujar mantan Gubernur California itu.

2 dari 3 halaman

Kiprah Politik Arnold Schwarzenegger

Arnold Alois Schwarzenegger terpilih sebagai Gubernur California, Amerika Serikat, 7 Oktober 2003. Kemenangan ini diibaratkan sebagai kebangkitan revolusi politik di negara bagian dengan penduduk terbanyak di AS. Pasalnya, bilik pemilihan suara dibanjiri warga California. Dan, mayoritas suara memilih aktor asal Austria itu untuk menggantikan Gubernur California saat ini, Gray Davis.

Selain Gray Davis, Schwarzenegger juga mengalahkan dua pesaing dari kubu Demokrat, Cruz Bustamante dan Tom McClintock. Sebelumnya, Sang "Terminator" sempat mendapatkan cibiran sejumlah kalangan yang mempersoalkan pengalaman politik yang cetek. Belum lagi dengan tuduhan pelecehan seksual yang dialamatkan kepadanya.

Namun semua kritik dan tuduhan itu tak mempengaruhi citra ayah empat anak itu. Buktinya, para pemilih tetap memberikan suaranya kepada suami Maria Shriver ini. Harian Los Angeles Time yang memuat berita tuduhan pelecehan seksual terhadap Schwarzenegger mengakui mendapatkan protes atas berita tersebut. Bahkan, berita tersebut membuat harian ini kehilangan 1.000 pelanggan setianya.

Dari Hollywood ke Politik AS

Ada alasan kuat mengapa Arnold Schwarzenegger merasa perlu membikin badannya kekar, dengan otot-otot yang mencuat. Menjadi binaragawan adalah mimpinya.

Berolahraga juga menjadi pelarian, dari sang ayah Gustav -- kepala polisi alkoholik dan pernah jadi anggota Nazi -- yang kerap melakukan kekerasan padanya, verbal juga fisik.

Namun, film semacam Reg Parker dan Hercules lah yang membuat pria Austria itu hijrah ke Amerika Serikat pada 1968, bermodal gelar kontes Mr Universe dan Mr Olympia.

Hollywood kemudian jadi incarannya. Setelah muncul sebagai pemeran pembantu dalam sejumlah film, kariernya sebagai artis mendapat penghargaan Golden Globe dalam film Stay Hungry (1976).

Schwarzenegger lantas menjadi bintang utama film bergenre action pada tahun 1980-an dan 1990-an, dari Conan the Barbarian (1982) dan menjadi mesin mematikan dari masa depan dalam The Terminator (1984), Terminator 2: Judgment Day (1991), Terminator 3: Rise of the Machines (2003).

Namun, suratan takdir membuat pria yang lahir pada 30 Juli 1947 itu bisa menjadi 'seseorang' yang mungkin melampaui imajinasinya.

Schwarzenegger, yang menjadi warga negara AS pada 1983, menikahi jurnalis televisi, Maria Shriver. Istrinya itu bukan orang kebanyakan. Keponakan Presiden John F. Kennedy tersebut adalah bagian dari keluarga 'ningrat' dalam perpolitikan AS.

Dunia politik lantas menarik hatinya. Pada acara The Tonight Show with Jay Leno, ia mengumumkan pencalonannya sebagai Gubernur California dari Partai Republik -- bertolak belakang dengan istrinya yang Demokrat sejati.

Selain jadi ketua penasihat dewan kebugaran dan olahraga atau Council on Physical Fitness and Sports di bawah President George H.W. Bush, ia tak punya pengalaman politik apapun. Namun, menjadi gubernur ternyata jadi suratan takdirnya.

Pada 7 Oktober 2003, ia terpilih sebagai  Gubernur California ke-38 dalam Pemilu California 2003 yang dipercepat untuk menggantikan Gray Davis -- yang dipecat (recalled) dari kursi jabatan.

Selama kariernya, ia mengelu-elukan mantan Presiden Ronald Reagan -- yang juga mantan artis --sebagai inspirasi.

"Aku menjadi warga negara AS saat Reagan jadi presiden. Dan ia adalah presiden pertama yang kupilih dalam pemilu sebagai WN Amerika. Ia menjadi inspirasi bagiku," kata dia seperti dikutip dari situs Biography.

Pada 2006 ia kembali memenangkan kursi sebagai gubernur. Masa jabatannya yang kedua tak berlangsung mulus. Ia memimpin negara bagian yang berjuang untuk lolos dari kesulitan finansial.

Schwarzenegger berhenti jadi gubernur pada 2011. Akhir kariernya sebagai kepala pemerintahan diwarnai skandal selingkuh.

Ia pun bercerai dengan istrinya, setelah 25 tahun mengarungi bahtera rumah tangga.

Perceraian itu terjadi setelah Schwarzenegger mengakui dirinya memiliki anak dari hubungan di luar nikah dengan mantan asisten rumah tangganya Mildred Baena.

 

Reporter : Romanauli Debora

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: