Sukses

Ucapan Selamat Jokowi ke PM Jacinda Ardern yang Pimpin Selandia Baru 2 Periode

Presiden Joko Widodo memberi ucapan selamat kepada PM Jacinda Ardern atas kemenangannya dalam pemilu di Selandia Baru.

Liputan6.com, Wellington - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada PM Jacinda Ardern, atas kemenangannya dalam pemilu di Selandia Baru.

PM Jacinda Ardern kembali memimpin Negeri Kiwi di periode ke dua, meneruskan mandatnya setelah memenangkan pemilihan umum tersebut.

Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat tersebut melalui Twitter pribadinya, pada Senin 19 Oktober 2020. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan harapan agar dapat membangun kerja sama lebih kuat dengan pemerintahan Ardern.

"Kami (Indonesia) menantikan saat untuk bekerja lebih dekat dengan Anda, lebih memperkuat persahabatan dan kerja sama antara kedua negara besar kita," tulisnya di dalam twit tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenangan Telak Jacinda Adern Dalam Pemilu Selandia Baru

PM Jacinda Ardern beserta Partai Buruh berhasil menang telak dalam pemilihan umum Selandia Baru pada Sabtu lalu. Pemilih Selandia Baru memberi simpati kepada Ardern atas ketegasannya dalam menyikapi persoalan COVID-19.

Mandat tersebut membuat Ardern dapat membentuk pemerintahan partai tunggal pertama dalam beberapa dekade. Ia berfokus untuk menghadapi tantangan dalam mewujudkan transformasi progresif seperti yang dijanjikannya pada jabatan pertamanya.

Namun janji tersebut gagal ia wujudkan karena Partai Buruh berbagi kekuasaan dengan Partai Nasionalis.

"Ini adalah perubahan bersejarah," imbuh Bryce Edwards, seorang pengamat politik dari Universitas Victoria di Wellington. Ia menggambarkan pemungutan suara itu sebagai salah satu perubahan terbesar dalam sejarah pemilihan umum Selandia Baru dalam 80 tahun.

Partai Buruh berada di jalur untuk memenangkan 64 dari 120 kursi di parlemen Selandia Baru. Hal tersebut merupakan pencapaian tertinggi sejak Selandia Baru mengadopsi sistem pemungutan suara proporsional pada 1996.

Partai Buruh memiliki 49,0 persen suara, jauh di atas Partai Nasional yang memiliki 27 persen.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.