Sukses

Menanti Keputusan Selandia Baru Legalisasi Marijuana dan Eutanasia, Keduanya Lolos?

Selandia Baru tengah bersiap memutuskan legalisasi marijuana dan eutanasia. Apakah keduanya akan lolos voting?

Liputan6.com, Auckland - Warga Selandia Baru siap untuk memutuskan dua masalah sosial penting terkait keputusan dalam melegalkan ganja untuk rekreasi dan apakah akan melegalkan eutanasia.

Suara "ya" pada kedua referendum bisa dibilang akan membuat negara berpenduduk 5 juta itu, menjadi salah satu negara yang lebih liberal di dunia, seperti mengutip laman Channel News Asia, Jumat (16/10/2020). 

Jajak pendapat menunjukkan referendum eutanasia kemungkinan akan lolos sementara hasil dari tindakan ganja masih belum pasti.

Kedua referendum diadakan bersamaan dengan pemilihan anggota parlemen dan partai politik. Akibatnya, referendum agak dibayangi oleh kampanye politik dan wabah Virus Corona COVID-19 tahun ini.

Dalam perlombaan politik, Perdana Menteri Jacinda Ardern yang populer tampaknya akan memenangkan masa jabatan kedua, dengan jajak pendapat Partai Buruh liberalnya jauh di depan Partai Nasional konservatif yang dipimpin oleh Judith Collins.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertimbangan Eutanasia dan Ganja

Tindakan eutanasia, yang juga memungkinkan bunuh diri dengan bantuan, akan diterapkan pada orang-orang yang menderita penyakit mematikan, kemungkinan besar akan meninggal dalam waktu enam bulan, dan menanggung penderitaan yang "tak tertahankan".

Negara-negara yang mengizinkan beberapa bentuk eutanasia termasuk Belanda, Luksemburg, Kanada, Belgia, dan Kolombia.

Perihal ganja, akan memungkinkan orang membeli hingga 14 gram sehari dan menanam dua tanaman. Negara lain yang telah melegalkan ganja untuk rekreasi termasuk Kanada, Afrika Selatan, Uruguay, Georgia, ditambah sejumlah negara bagian AS.

Lara Greaves, dosen politik Selandia Baru di University of Auckland, mengatakan menurutnya referendum ganja ditakdirkan untuk gagal.

"Saya pikir masalahnya adalah kita akan beralih dari kriminalisasi, dan sedikit penggunaan obat, ke penggunaan untuk tujuan rekreasi penuh," katanya. “Mungkin yang perlu dilakukan agar publik ikut serta adalah memiliki fase dekriminalisasi.”

Dia mengatakan jumlah pemilih yang lebih muda dalam jumlah besar akan diperlukan agar langkah tersebut memiliki harapan untuk lolos, tetapi itu masih jauh dari pasti.

Faktor lainnya adalah bahwa Jacinda Ardern telah menolak untuk mengatakan bagaimana dia bermaksud untuk memberikan suara, dengan mengatakan dia ingin membiarkan orang memutuskan. Greaves mengatakan itu membuat perbedaan besar, karena orang cenderung mengikuti pemimpin mereka. Perdana menteri memang mengakui selama kampanye untuk merokok ganja ketika dia masih muda.

Salah satu pendukung vokal referendum mariyuana adalah mantan Perdana Menteri Helen Clark. Sebuah kertas posisi dari yayasannya menyatakan bahwa suku Maori asli telah menghadapi hukuman yang tidak proporsional dan berlebihan dari sistem hukum ketika tertangkap dengan narkoba.

"Penggunaan ganja adalah kenyataan di Selandia Baru, dan hasil dari pendekatan kebijakan kami saat ini merusak kesehatan kami, memperburuk kesetaraan sosial, dan mendorong kejahatan," menurut yayasan Clark.

Sementara itu, kelompok yang menentang referendum adalah sejumlah komunitas dan kelompok agama yang telah membentuk kampanye “Say Nope to Dope”. Mereka mengatakan marijuana saat ini kuat, membuat ketagihan dan berbahaya, dan menyimpannya secara ilegal akan menghalangi orang untuk menggunakannya.

Jika referendum eutanasia disetujui, itu akan menjadi undang-undang, sedangkan jika referendum ganja disetujui, itu masih membutuhkan anggota parlemen untuk mengeluarkan undang-undang yang cocok. Hasil dari kedua referendum akan diumumkan 30 Oktober.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.