Sukses

Senator Partai Republik Sebut Joe Biden Berpeluang Menangkan Pilpres AS

Liputan6.com, Jakarta- Senator AS dari Partai Republik, Lindsey Graham mengatakan bahwa dirinya meyakini kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden memiliki "peluang bagus" dalam memenangkan pemilihan 3 November mendatang.

Dilaporkan AFP, Jumat (16/10/2020), hal tersebut disampaikan oleh Graham pada pembukaan sidang tentang calon Hakim Agung, Amy Coney Barrett.

"Anda semua memiliki peluang bagus untuk memenangkan Gedung Putih," kata Graham, kepada pihak dari Partai Demokrat.

Dalam tanggapannya Senator Demokrat Amy Klobuchar menyampaikan, "Terima kasih telah memahami itu".

"Ya, saya pikir itu benar," lanjut Graham.

Senator Lindsey Graham, diketahui memiliki hubungan dekat dengan Presiden AS Donald Trump. 

Namun, pernyataan Graham tidak mengubah ekspektasi bahwa Barrett akan mengisi kursi di Mahkamah Agung AS dalam Senat yang dikendalikan oleh Partai Republik.

Graham, yang membuka sidang hari keempat dan terakhir untuk Barrett, menetapkan pemungutan suara komite terkait nominasi untuk 22 Oktober. 

Trump secara berulang kali telah menyatakan bahwa ia menginginkan Barrett untuk mengisi kursi Mahkamah Agung sebelum pemilihan pada 3 November mendatang.

Di sisi lain, Partai Demokrat juga menyerukan penundaan pengisian kursi tersebut menyusul wafatnya Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg pada September 2020, dengan alasan pemenang pemilu harus dapat memilih siapa yang akan mengisinya.

2 dari 3 halaman

Acara Forum di Televisi untuk Kedua Kandidat

Kedua kandidat, Presiden AS Donald Trump dan Joe Biden menggelar forum tanya jawab dengan para pemilih.

Mengutip VOA Indonesia, acara itu diadakan karena rencana debat Trump dan Biden yang dijadwalkan pada 15 Oktober malam dibatalkan. 

NBC News, menyatakan pada 14 Oktober bahwa pihaknya akan menyiarkan forum itu tepat pukul 20.00 waktu setempat di mana Trump menemui para pemilih di kota Miami, Florida.

Sementara itu, ABC News menjadwalkan sebuah forum bersama Biden pada waktu yang sama di kota Philadelphia, Pennsylvania.

Di AS, Florida dan Pennsylvania diketahui merupakan negara bagian yang menjadi medan persaingan utama (karena kekuatan kedua partai berimbang) bagi setiap kandidat dalam pemilu pada 3 November mendatang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: