Sukses

Arab Saudi Beri Izin Umrah untuk Lebih dari 100 Ribu Orang

Arab Saudi telah mengeluarkan izin umrah untuk lebih dari 100 ribu orang menurut statistik resmi yang dirilis oleh Kementerian Haji dan umrah.

Liputan6.com, Riyadh - Arab Saudi telah mengeluarkan izin umrah untuk lebih dari 100 ribu orang menurut statistik resmi yang dirilis oleh Kementerian Haji dan umrah.

Perincian terdiri dari: 42.873 untuk warga negara Arab Saudi, 65.168 untuk pemegang izin tinggal (residents) termasuk ekspatriat, dan 10.041 untuk warga negara yang mendaftar via aplikasi EatMarna, demikian seperti dikutip dari Arab News, Sabtu (3/10/2020).

Sebanyak 16.000 jemaah mendaftar umrah di aplikasi EatMarna dalam satu jam pertama peluncurannya; jumlahnya mencapai 309.686 orang Saudi dan ekspatriat pada akhir minggu pertama peluncurannya, termasuk 224.929 jemaah terdaftar dan 84.757 pendamping.

Statistik Arab Saudi juga menunjukkan bahwa di antara mereka yang ingin menunaikan umrah, jemaah berusia antara 51 dan 60 tahun mewakili persentase terendah dengan 8 persen, diikuti oleh jemaah antara 41 dan 50 tahun dengan 14 persen, jemaah antara 20 dan 30 tahun dengan 17 persen, jemaah antara 31 dan 40 tahun dengan 26 persen dan jemaah di atas 60 tahun dengan 35 persen.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci mengatakan kepada Arab News bahwa beberapa skenario telah diadopsi untuk mengatur pergerakan jemaah di dalam Masjidil Haram selama musim umrah yang luar biasa tahun ini.

Skenario pertama, jemaah umrah akan melakukan tawaf secara spiral, dari luar hingga dalam Masjidil Haram, dan pada skenario kedua jemaah akan dibagi menjadi kelompok yang terdiri dari 50 orang didampingi oleh pengawas.

Kementerian mengatakan bahwa tahap pertama akan berjalan selama 13 hari, dan pada tahap kedua akan dikeluarkan izin untuk salat di Masjidil Haram dan Kamar Suci Nabi, sedangkan pada tahap ketiga umat Islam dari luar Kerajaan akan diizinkan untuk melakukan umrah.

Kepresidenan menekankan kesiapan Masjidil Haram untuk menerima jemaah --sebuah rencana integral dikembangkan untuk musim umrah ini untuk melayani jemaah dan memastikan keselamatan mereka.

Hal ini terjadi dalam konferensi pers jarak jauh yang diadakan baru-baru ini oleh kepresidenan, di mana wakil presiden urusan administrasi dan keuangan, Dr. Saad bin Mohammed Al-Mohaimeed, mengatakan bahwa kepresidenan telah merekrut lebih dari 1.000 karyawan untuk menindaklanjuti para peziarah di Masjid Agung.

Kepresidenan, lanjutnya, telah mengambil langkah proaktif dengan rencana yang menjamin perkembangan kerja, peningkatan kinerja dan pelatihan kader manusia.

"Karyawan akan bekerja sesuai shift untuk melayani 2.000 jemaah, dengan 125 supervisor di setiap shift. Pengawas dari kepresidenan dan Kementerian Haji dan umrah akan bekerja sama dan berkoordinasi untuk menata massa," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Bidang Pelayanan dan Teknis Masjidil Haram, Mohammed bin Musleh Al-Jabiri, mengatakan bahwa kamera termal akan dipasang di gerbang, jemaah akan dilarang membawa makanan dan minuman ke Masjidil Haram, jarak sosial antara jemaah akan diamati, dan penggunaan layar sentuh publik tidak akan diizinkan.

Wakil presiden studi dan proyek arsitektur, Sultan Al-Qurshi, mengatakan bahwa dua jalur telah ditetapkan untuk tawaf , di mana setiap kelompok yang terdiri dari 100 jemaah akan diberi waktu 15 menit untuk melakukan tujuh putaran tawaf, memungkinkan 6.000 jemaah untuk melakukan tawaf selama 15 jam dialokasikan untuk ritual.

Ia mengatakan bahwa ada kemungkinan penambahan jalur ketiga, di mana 150 jemaah akan diberi waktu 15 menit untuk melakukan tawaf; atau 6.000 jemaah dalam 10 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.