Sukses

Serba-Serbi Debat Perdana Capres Joe Biden dan Petahana Donald Trump Jelang Pemilu AS

Liputan6.com, Cleveland - Debat antara kedua kandidat calon presiden yakni Joe Biden dan Donald Trump tengah digelar saat ini. 

Debat ini merupakan pertemuan debat perdana antara kedua kandidat, di mana tiga debat lainnya akan digelar sebelum pemilihan pada 3 November mendatang. Demikian seperti mengutip The Guardian, Rabu (30/9/2020). 

Baik Biden dan Trump mengatakan mereka tengah menantikan pertemuan dalam debat ini dan penonton akan menjadi sasaran perdebatan satu setengah jam antara calon Demokrat dan presiden Republik.

Berikut adalah beberapa fakta soal debat perdana antara kedua kandidat yang perlu Anda ketahui:

2 dari 6 halaman

Waktu dan Tempat Debat

Debat dimulai pada Selasa 29 September pukul 9 malam waktu timur AS (ET). Acara ini akan berlangsung hingga pukul 10.30 malam ET. Waktu tersebut sama dengan Rabu 30 September pukul 8 pagi WIB. 

Acara debat perdana digelar di Universitas Case Western Reserve dan Klinik Cleveland, di Cleveland, Ohio.

Ohio telah menjadi negara bagian yang diperdebatkan selama dua dekade terakhir, tetapi Trump menang di sana dengan delapan poin pada tahun 2016. Negara bagian itu dipandang cenderung menjadi Republik yang lebih solid, karena populasinya yang mayoritas berkulit putih dan lebih tua dibandingkan dengan negara bagian lain di AS.

3 dari 6 halaman

Moderator

Pembawa acara Fox News, Chris Wallace, akan menjadi moderator dalam acara debat perdana ini. 

Walaupun Fox News dinilai tidak netral terkait liputannya tentang Trump selama empat tahun terakhir, tetapi Wallace dipandang sebagai jurnalis yang relatif independen dan lurus.

Wallace mendapat pujian terkait wawancaranya dengan Trump pada bulan Juli, ketika dia menantang Trump atas jumlah kematian akibat virus corona dan menggali klaim Trump untuk mendapatkan nilai bagus dalam tes kognitif.

Namun di sisi lain, Trump secara tanpa dasar mengklaim Wallace "dikendalikan oleh radikal kiri".

4 dari 6 halaman

Format Debat

Debat akan memiliki enam segmen berdurasi 15 menit. Debat berjalan selama 90 menit, tanpa jeda untuk iklan. Tidak akan ada pernyataan pembukaan, dan pertanyaan pertama akan tertuju pada Trump.

Podium akan diletakkan terpisah lebih jauh dari biasanya, dan Biden serta Trump tidak akan berjabat tangan sebelum atau sesudah debat.

Menurut CNN, 60 hingga 70 orang diperkirakan akan hadir, jauh di bawah jumlah biasanya yang hadir pada debat presiden.

 

5 dari 6 halaman

Topik Debat

Wallace bertugas memilih enam topik, dan telah diumumkan oleh Komisi Debat Presiden pekan lalu.

Ada pun topik-topik yang dipilih adalah:

  • Catatan Presiden Trump dan mantan wakil presiden Joe Biden
  • Mahkamah Agung AS
  • Pandemi COVID-19
  • Ekonomi
  • Ras dan kekerasan terhadap kulit hitam
  • Integritas pemilu
6 dari 6 halaman

Persiapan Kedua Kandidat

Biden dikatakan telah menghabiskan waktu berhari-hari untuk mempersiapkan debat ini dan telah mengadakan debat tiruan dengan Bob Bauer, penasihat kampanye dan mantan penasihat umum Gedung Putih, ABC News melaporkan. Bauer rupanya mengadopsi gaya debat Trump untuk sesi latihan.

Trump telah menggunakan kartu flash dan video untuk mempersiapkan dan menghindari latihan tradisional, CBS News melaporkan.

Pada hari Minggu, Trump mengatakan Rudy Giuliani dan mantan gubernur New Jersey Chris Christie telah membantunya mempersiapkan diri. Menurut CBS, pembantu Trump telah mempelajari kebiasaan debat Biden dan menciptakan "gudang" materi untuk digunakan oleh Trump.