Sukses

Donald Trump Vs Joe Biden, Siapa Unggul dalam Jajak Pendapat Jelang Pemilu AS?

Kedua kandidat dalam pemilu AS yakni Joe Biden dan Donald Trump, mana yang lebih unggul?

Liputan6.com, Washington D.C - Masyarakat Amerika Serikat akan memutuskan pada 3 November apakah Donald Trump tetap menjabat di Gedung Putih selama empat tahun lagi atau bakal digantikan Joe Biden.

Presiden Trump dari Partai Republik ditantang calon dari Partai Demokrat Joe Biden, yang paling dikenal sebagai wakil presiden Barack Obama tetapi telah berkecimpung dalam politik AS sejak 1970-an.

Siapa yang lebih unggul?

Mengutip BBC, Kamis (10/9/2020), Joe Biden berada di depan Donald Trump dalam sebagian besar jajak pendapat nasional sejak awal 2020. Dia telah unggul sekitar 50% dalam beberapa bulan terakhir dan telah memimpin 10 poin dalam beberapa kesempatan.

Jajak pendapat nasional adalah panduan yang baik tentang seberapa populer seorang kandidat di seluruh negeri secara keseluruhan, tetapi itu belum tentu cara yang baik untuk memprediksi hasil pemilu.

Pada 2016 misalnya, Hillary Clinton memimpin pemungutan suara dan memenangkan hampir tiga juta suara lebih banyak daripada Donald Trump, tetapi dia masih kalah - itu karena AS menggunakan sistem electoral college, jadi memenangkan suara terbanyak tidak selalu membuat seorang kandidat memenangkan pemilihan.

Seperti yang ditemukan Clinton pada 2016, jumlah suara yang dimenangkan kurang penting dibandingkan tempat ia memenangkannya.

Sebagian besar negara bagian hampir selalu memberikan suara dengan cara yang sama, yang berarti bahwa pada kenyataannya hanya ada beberapa negara bagian di mana kedua kandidat memiliki peluang untuk menang. Ini adalah tempat di mana pemilihan akan dimenangkan maupun dikalahkan dan dikenal sebagai negara medan pertempuran.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Joe Biden Unggul dalam Jajak Pendapat

Saat ini, jajak pendapat di negara bagian di medan pertempuran terlihat bagus untuk Joe Biden, tetapi jalan masih panjang dan banyak hal dapat berubah dengan sangat cepat, terutama ketika Donald Trump terlibat.

Jajak pendapat menunjukkan Biden unggul di Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin - tiga negara bagian industri yang dimenangkan saingannya dari Partai Republik dengan margin kurang dari 1% untuk meraih kemenangan pada 2016.

Namun, medan pertempuran menyatakan di mana Trump menang besar pada 2016 yang paling dikhawatirkan oleh tim kampanyenya. Margin kemenangannya di Iowa, Ohio, dan Texas adalah antara 8-10% saat itu, tetapi margin kemenangannya terlihat lebih dekat di ketiganya saat ini.

Tetapi analis politik kurang yakin tentang peluangnya untuk terpilih kembali. 

FiveThirtyEight, sebuah situs web analisis politik, mengatakan Biden "disukai" untuk memenangkan pemilu, sementara The Economist mengatakan ia "kemungkinan" akan mengalahkan Trump.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.