Sukses

Kubu Demokrat Menolak Kemenangan Bush di Florida

Sekretaris Negara Bagian Florida mengesahkan kemenangan Bush di wilayah tersebut. Keputusan itu ditolak kubu Demokrat. Sementara, penentuan Presiden AS ke-43 masih menunggu fatwa MA.

Liputan6.com, Florida: Meski di bawah bayang-bayang perdebatan pengadilan, Sekretaris Negara Bagian Florida Katherine Harris, Ahad (27/11) siang, mengesahkan keunggulan bagi George W. Bush dari Partai Republik di kawasan tersebut. Terang saja, hasil tersebut ditolak Partai Demokrat. Kubu Demokrat berargumen keputusan tersebut tidak menyertakan perhitungan suara ulang dari Palm Beach County.

Dalam perhitungan tersebut Khaterine Harris mengumumkan kemenangan bagi Bush dengan perolehan mencapai 2.912.000 suara dan 790 suara. Sementara Al Gore mengantongi 2.912.000 dan 253 suara. Dengan selisih 537 suara, maka Bush Junior mendapat 271 electoral college vote.

Sayangnya, pengesahan itu tidak menyertakan hasil perhitungan ulang secara manual di kawasan Palm Beach County. Padahal, perhitungan itu memenangi Al Gore dengan selisih 180 suara dari Bush. Dengan pengesahan tersebut Bush memproleh 25 electoral vote yang dibutuhkan untuk menjadi pemenang.

Meskipun Bush dinyatakan unggul, belum dapat dipastikan Gubernur Texas ini mulus menjadi Presiden Amerika yang ke-43. Pasalnya, Mahkamah Agung Amerika Serikat belum memutuskan tuntutan Partai Demokrat untuk memasukkan hasil penghitungan ulang secara manual ke dalam perhitungan total suara. Bahkan, kandidat Wakil Presiden dari kubu Partai Demokrat Joseph Lieberman menyatakan hasil yang disahkan Katherine tersebut, tidak akurat dan masih belum lengkap. Karena itulah, kubu Demokrat ngotot menolak hasil penghitungan negara bagian Florida itu.(YYT/Rya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini