Sukses

Asteroid Berukuran Setengah Kolam Renang Olimpiade Dekati Bumi 1 September

Asteroid 2011 ES4 akan melakukan pendekatan dengan Bumi pada 1 September 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah asteroid berukuran kira-kira setengah dari ukuran kolam renang olimpiade akan segera melewati Bumi. Diperkirakan pada jarak dekat sekitar 120.000 km.

Asteroid, ES4 2011, seperti dikutip dari News.com.au, Senin (31/8/2020), masih digolongkan sebagai potentially hazardous atau berpotensi berbahaya. Hal itu karena jaraknya antara 72.000 km dan 16 juta kilometer saat melintas pada hari Selasa.

Bulan, sebagai perbandingan, berjarak 384.000 km dari Bumi.

NASA yakin asteroid itu tidak akan menabrak kita (Bumi).

Terakhir kali asteroid lewat pada Maret 2011, terlihat selama periode empat hari. Kali ini tampaknya ia akan mendekat dan mungkin terlihat lebih lama lagi, bahkan saat ia bergerak melewati Bumi dengan kecepatan lebih dari 8 km / detik.

Asteroid ES4 2011 akan bergabung di langit bersama asteroid yang lebih kecil bernama 2020 QG5, yang belum pernah terlihat sejak 2004.

Namun, jaraknya jauh sekitar 2,9 juta kilometer.

Sebuah asteroid disebut sebagai "objek dekat Bumi" jika ia berada dalam jarak sekitar 50 juta kilometer.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada 2 Asteroid, Tidak Menimbulkan Bahaya Bagi Bumi

Mengutip Weather.com, dua asteroid yang akan melintas dekat Bumi pada 1 September diperkirakan memiliki diameter antara 19 dan 49 meter.

Meski keduanya berukuran relatif besar, hanya satu yang akan sangat dekat dengan Bumi dalam hal jarak astronomis. Kedua asteroid, yang secara resmi dinamai 2011 ES4 dan 2020 QG5, diklasifikasikan sebagai near-Earth objects (NEO) atau objek dekat Bumi tetapi diperkirakan tidak akan menimbulkan bahaya bagi Bumi saat mereka mendekat.

2011 ES4, asteroid yang berpotensi berbahaya akan berada 120 ribu km dari Bumi pada pendekatan terdekatnya pada 1 September. Itu berarti asteroid akan lebih dekat ke Bumi daripada Bulan, yang berjarak 384 ribu km dari planet asal kita.

Faktanya, ini adalah pendekatan terdekat dari asteroid sebesar itu selama sepuluh tahun ke depan.

Mengesampingkan kemungkinan ancaman, badan antariksa AS mengatakan bahwa batu luar angkasa tidak akan menghantam Bumi.

NASA memperkirakan kecepatan relatif asteroid itu sekitar 8,16 km per detik, seperti dilaporkan Xinhua.

Terakhir kali asteroid 2011 ES4 terbang di atas Bumi, terlihat dari selama empat hari. Kali ini, ia akan lebih dekat ke planet kita daripada sebelumnya, dan kemungkinan menemukannya, terutama dengan teleskop akan sangat tinggi.

Asteroid ini pertama kali ditemukan pada musim semi tahun 2011 dan melewati Bumi setiap sembilan tahun. 'Asteroid yang berpotensi berbahaya' saat ini didefinisikan berdasarkan parameter yang mengukur potensi asteroid untuk melakukan pendekatan dekat yang mengancam ke Bumi, menurut NASA.

Asteroid QG5 2020

ilustrasi asteroid. (iStockphoto)

Sementara itu, asteroid 2020 QG5 lebih kecil dari 2011 ES4 dan mendekati Bumi lagi setelah 16 tahun. Dalam skala waktu koordinat relativistik, asteroid ini akan mendekati sekitar 5:30 TDB pada 1 September. Terakhir kali asteroid ini mendekati Bumi pada 11 Agustus 2004.

Pada pendekatan terdekatnya, QG5 2020 akan berada lebih dari 290 ribu kilometer dari Bumi, dan diperkirakan tidak akan menimbulkan ancaman apa pun bagi Bumi. Saat ini, ia berada di konstelasi Pegasus.

Near-Earth objects (NEO) atau Objek Dekat Bumi adalah mereka yang melakukan perjalanan dalam jarak 50 juta km dari orbit Bumi.

Baru dua minggu yang lalu, sebuah batu antariksa seukuran mobil SUV, bernama 2020 QG, melewati planet kita pada 16 Agustus. Segera setelah penemuannya, asteroid itu dinyatakan sebagai asteroid terdekat yang terbang melewati Bumi, tanpa jatuh ke Bumi.

Menurut NASA, asteroid itu terbang 2.950 kilometer di atas Samudera Hindia selatan. Dua mahasiswa dari Institut Teknologi India-Bombay — Kunal Deshmukh dan Kriti Sharma — telah diberi penghargaan atas penemuan tersebut.

Sesuai perkiraan dari NASA, saat ini tidak ada batuan antariksa besar yang bertabrakan dengan Bumi. Oleh karena itu, kemungkinan asteroid besar menghantam Bumi sangat kecil. Faktanya, tidak ada objek besar yang akan menghantam bumi kapan saja dalam beberapa ratus tahun ke depan sebaik yang kami bisa katakan, kata NASA.

3 dari 3 halaman

Asteroid Jelang Pilpres AS 2020

Baru-baru ini, benda langit lain, Asteroid 2018 VP1 teridentifikasi karena ditetapkan lewat sehari sebelum Pemilihan Presiden AS pada 2 November. Namun, peluangnya menimbulkan dampak 0,41 persen.

Bentuknya yang kecil, tidak menimbulkan kerusakan karena atmosfer bumi akan menguranginya menjadi abu sebelum menyentuh permukaan.

Menurut NASA, asteroid 2011 ES4 adalah NEO (Near-Earth Object), yang akan membantu para ilmuwan mempelajari sejarah tata surya kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.