Sukses

Istri Joe Biden Jamin Suaminya Ikut Debat Pilpres AS 2020

Liputan6.com, Washington, D.C. - Ahli strategi dari Partai Demokrat sempat melempar wacana agar capres Joe Biden tidak ikut debat Pilpres 2020. Wacana itu dilempar oleh Joe Lockhart, mantan jubir Presiden Bill Clinton.

Salah satu alasan Lockhart adalah khawatir Donald Trump, yang kembali maju sebagai presiden, akan banyak berbohong saat debat. Ia lantas mendorong Joe Biden agar jangan mau berdebat dengan Trump.

Istri Joe Biden mementahkan wacana tersebut. Ia menyatakan bahwa suaminya siap tampil pada debat pilpres 2020.

"Oh ya. Dia akan melakukannya," ujar Jill Biden kepada Fox News, Rabu (5/8/2020).

"Saya pikir akan ada tiga debat yang mereka sudah putuskan. Jadi, ya, dia (Joe Biden) akan hadir," ia menambahkan.

Jill Biden merupakan seorang pendidik yang mendampingi Joe Biden selama ia menjabat sebagai wakil presiden pada 2009-2017.

Joe Biden akan memilih cawapres perempuan. Rencananya, pengumuman cawapresnya akan dilakukan awal Agustus ini, dan Jill berharap kolaborasi Biden dan cawapresnya akan seperti duet Biden dengan Barack Obama.

"Ia ingin seseorang yang berbagi nilai-nilai yang ia anut, seperti ia dan Barack yang menganut nilai yang sama," ujar Jill Biden.

2 dari 3 halaman

Jadwal Debat

Universitas Notre Dame rencananya menjadi salah satu lokasi debat pilpres pada 29 September mendatang. Namun, pihak kampus membatalkan akibat adanya Corona

Universitas Michigan juga membatalkan debat, sehingga lokasi berpindah ke Adrienne Arsh Center di Miami.

Kini, debat pertama pilpres akan dimulai di Cleveland Clinic di Cleveland pada 29 September, kemudian di Arsht Center pada 15 Oktober, dan ditutup di Universitas Belmont di Nashville pada 22 Oktober.

Sementara, debat cawapres akan diadakan di Universitas Utah di Salt Lake City pada 7 Oktober.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: