Sukses

Alasan Mengapa Anjing Suka Mengejar Ekornya Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda mendapati diri Anda memainkan pena tanpa henti selama rapat yang panjang, mungkin Anda sedang merasa bosan atau cemas. 

Menurut Reader's Digest, anjing sering mengejar ekornya karena alasan yang sama.

Melansir Mental Floss, Kamis (30/7/2020), ketika seekor anjing merasa sedang stres atau hanya perlu menjaga dirinya terhibur saat Anda sibuk, ia mungkin mulai mengejar ekornya sebagai taktik untuk menenangkan diri.

"Kami menyebut perilaku perpindahan ini, mirip dengan manusia yang memutar-mutar rambut mereka atau mengetuk kaki mereka," ujar Russell Hartstein, konsultan perilaku anjing bersertifikat dan pendiri Fun Paw Care.

2 dari 3 halaman

Cari Perhatian

Jika perilaku menggemaskan itu tidak pernah gagal untuk mendapatkan banyak tawa dan tepukan dari manusia di ruangan itu, anjing Anda mungkin belajar menggunakan aktivitas ini sebagai cara untuk mendapatkan perhatian positif juga. 

Biasanya, anak-anak anjing lebih cenderung berperilaku secara gesit, dan mereka secara bertahap melepaskan perilaku seiring bertambahnya usia. 

Perilaku itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan secara umum, tetapi Anda harus memperhatikan jika itu terjadi setiap hari. 

Seperti yang dijelaskan Cesar's Way, ini bisa berarti bahwa anjing Anda telah mengembangkan gangguan kompulsif untuk mengatasi hal-hal seperti kecemasan perpisahan atau trauma masa lalu. 

Atau, jika kebiasaan itu muncul tiba-tiba dan anjing Anda tampak menggigit atau mengunyah ekornya, itu bisa menjadi tanda bahwa cacing, kutu, atau masalah medis lain mengganggu anjing Anda. Dalam kedua kasus itu, Anda harus membawanya ke dokter hewan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: