Sukses

Alasan Mengapa Anjing Peliharaan Selalu Mengikuti Pemiliknya

Liputan6.com, Jakarta - Tergantung pada suasana hati Anda, seekor anjing yang mengikuti Anda ke mana-mana dapat mengganggu atau menggemaskan.

Perilaku ini juga membingungkan jika Anda bukan merupakan seorang pakar perilaku hewan peliharaan.

Lantas, apa alasan sebenarnya ketika anjing peliharaan selalu mengikuti pemiliknya?

Mengutip Mental Floss, Sabtu (11/7/2020), kebanyakan ahli sepakat pada beberapa alasan mengapa beberapa anjing selalu berada di sekitar pemiliknya.

Salah satunya adalah mentalitas mereka. Anjing mungkin telah didomestikasi ribuan tahun yang lalu, tetapi mereka masih menganggap diri mereka sebagai bagian dari kelompok seperti leluhur liar mereka.

Ketika tidak ada anjing lain di sekitarnya, maka manusia akan menjadi pendamping mereka. Menurut Reader's Digest, naluri genetik ini juga yang memotivasi anjing untuk memperhatikan Anda secara cermat dan mencari sentuhan fisik Anda.

2 dari 3 halaman

Ikatan Emosional

Alasan kedua untuk perilaku ini berkaitan dengan ikatan antara Anda dan hewan peliharaan Anda. 

Seperti yang dikatakan dokter hewan Dr. Rachel Barrack kepada American Kennel Club, anak-anak anjing yang berumur 6 bulan dapat membekas pada pemilik manusia mereka seperti halnya terhadap ibu mereka sendiri. 

Bahkan anjing yang lebih tua akan terikat dengan manusia dalam kehidupan mereka yang menunjukkan perhatian dan kasih sayang kepada mereka. Dalam kasus ini, seekor anjing akan membayangi pemiliknya karena ia melihat mereka sebagai objek kepercayaan dan keamanan.

Penjelasan terakhir yang mungkin mengapa anjing Anda mengikuti Anda lebih banyak berhubungan dengan perawatan Anda terhadap mereka daripada naluri alami mereka. 

Taktik pelatihan yang paling populer adalah penguatan positif — yaitu memberi hadiah pada anjing dengan hadiah dan pujian ketika mereka melakukan perilaku positif. Intinya adalah untuk membantu anjing Anda mengasosiasikan perilaku yang baik dengan hadiah, tetapi setelah beberapa saat, mereka mungkin mulai mengasosiasikan kehadiran Anda dengan hadiah. Itu berarti jika anjing Anda mengikuti Anda, mereka mungkin mencari camilan atau perhatian.

Anjing yang selalu mengikuti Anda mungkin akan terasa mengganggu, tetapi biasanya itu bukan pertanda masalah yang lebih besar. 

Jika ada, itu berarti anjing Anda melihat Anda secara positif. Jadi nikmati ikatan persahabatan secara ekstra dengan hewan peliharaan Anda.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: