Sukses

5 Bahan Rumahan Ini Ampuh Hilangkan Gatal dan Bentol karena Gigitan Nyamuk

Setelah digigit nyamuk, orang akan secara refleks menggaruk bagian tersebut. Bukannya sembuh malah bentolnya semakin besar dan melebar.

Liputan6.com, Jakarta - Datangnya diam-diam lalu hinggap di bagian tubuh kita. Tak lama ia menggigit meninggalkan rasa sakit, gatal dan juga bentol. Itulah ulah nyamuk yang kerap membuat kita jengkel.

Naluri untuk menggaruk karena rasa gatal tidak bisa tertahankan. Setelah digaruk, bukannya sembuh malah bentolnya semakin besar dan melebar.

Bagi Anda yang mengalami hal semacam ini jangan khawatir. Tak perlu membeli obat yang mahal. Gunakan saja sejumlah bahan-bahan di dapur yang punya khasiat meredakan hingga menghilangkan rasa gatal dan bentol bekas gigitan nyamuk.

Seperti dikutip dari laman Healthline.com, Rabu (29/7/2020), berikut 5 bahan rumahan yang bisa redakan serta menghilangkan bentol dan gatal bekas gigitan nyamuk:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Oatmeal

Ternyata, oatmeal tidak hanya berguna sebagai menu sarapan saja. Bahan makanan yang terbuat dari biji-bijian ini juga berkhasiat sebagai penghilang rasa gatal dan bengkak usai digigit nyamuk.

Cara menggunakannya sama seperti Anda membuat sarapan. Campurkan air hangat pada oatmeal sampai menyerupai bubur. Setelah itu oleskan oatmeal itu pada kain bersih lalu tempelkan ke bagian bentol bekas gigitan nyamuk.

Diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Setelah itu bilas sampai bersih. Setelah itu rasakan khasiatnya.

 

3 dari 6 halaman

2. Parutan Es

Suhu dingin pada parurtan es dapat mengurangi peradangan. Rasa dingin juga membuat kulit mati rasa, yang bisa memberi Anda bantuan jangka pendek pada bagian kulit yang bengkak dan bentol bekas gigitan nyamuk.

Namun, jangans sekali-kali menempelkan es secara langsung pada kulit selama lebih dari lima menit karena dapat merusak kulit. Gunakan penghalang seperti kain. Sehingga Anda kulit tak tersentuh langsung oleh dinginnya es.

 

4 dari 6 halaman

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak kegunaan. Gel-nya telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu untuk menyembuhkan luka ringan atau infeksi.

Itu sebabnya lidah buaya sangat baik untuk menyembuhkan gigitan serangga, seperti nyamuk. Caranya, potong dan kupas lidah buaya. Cuci hingga bersih lalu oleskan ke bagian bentol. Biarkan kering, dan oleskan lagi jika diperlukan.

 

5 dari 6 halaman

4. Madu

Selama ratusan tahun, madu digunakan sebagai pengobatan untuk sakit tenggorokan hingga benjol dan memar. Gatal dan bentol pada nyamuk pun juga mampu diatasi dengan menggunakan madu.

Caranya, oleskan sedikit madu pada bagian bentol. Kandungan pada madu mampu meredakan gatal dan bengkak. Setelah itu bilas dengan air sehingga tidak lengket.

 

6 dari 6 halaman

5. Baking Soda

Baking soda memiliki banyak kegunaan. Mulai dari campuran adonan roti hingga membersihkan saluran air.

Rupanya, baking soda yang mengandung natrium bikarbonat ini juga bisa menghilangkan rasa gatal dan bentol pada gigitan nyamuk.

Campur satu sendok makan soda kue dengan air secukupnya. Oleskan pada bentol dan diamkan selama 10 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.