Sukses

27-5-1937: 200 Ribu Orang Saksikan Pembukaan Golden Gate Bridge

Liputan6.com, San Fransisco - Golden Gate Bridge merupakan ikon dari kota San Fransisco yang mendunia. Jembatan ini resmi dibuka untuk umum pada 27 Mei 1937.

Jembatan sepanjang 2,7 kilometer dan lebara 27 meter ini menghubungkan San Fransisco dan Marin County di daratan California.

Menurut situs History, sekitar 18 ribu orang telah berkumpul sejak pukul 06.00 pagi untuk menyaksikan pembukaan Golden Gate ini. Sepanjang hari itu, warga yang penasaran terus bertambah hingga 200 ribu orang.

Mereka datang karena ingin ikut menyeberangi Golden Gate Bridge pada pembukaan ini. Banyak sekolah, kantor, dan toko-toko tutup karena peresmian Golden Gate Bridge dijadikan sebagai Hari Pejalan Kaki.

Hari itu Golden Gate Bridge khusus dibuka bagi pejalan kaki. Hari selanjutnya, barulah kendaraan boleh lewat.

Presiden Franklin Delano Roosevelt di Gedung Putih pun memberi deklarasi bahwa Golden Gate Bridge dibuka untuk dunia.

Situs resmi Golden Gate Bridge melaporkan bahwa hampir dua miliar kendaraan telah melalui Golden Gate Bridge selama jembatan ini beroperasi sejak 1937.

2 dari 3 halaman

Ikon San Fransisco

Golden Gate Bridge dibangun pada Januari 1933 hingga Mei 1937. Arsitek utama dari jemabatan ini adalah Jospeh Strauss.

Situs The Culture Trip menyebut Strauss tak berpengalaman membangun desain besar seperti Golden Gate Bridge. Ia pun merekrut talenta seperti Leon Moisseiff yang mendesain Jembatan Manhattan, Irving Morrow dan Charles Ellis.

Golden Gate Bridge seringkali menjadi latar film-film Hollywood. Alfred Hitchcock menjadikan jembatan ini sebagai latar di film Vertigo pada tahun 1950-an.

Film superhero seperti Superman: The Movie dan X-Men: The Last Stand, hingga film drama Blue Jasmine turut mengambil gambar di jembatan ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: