Sukses

Sarankan Disinfektan Jadi Obat Suntik Corona COVID-19, Donald Trump Tuai Kecaman Dokter

Presiden AS Donald Trump menyarankan penggunaan desinfektan untuk mengobati pasien Corona COVID-19.

Liputan6.com, Washington - Presiden AS Donald Trump menuai cercaan dari komunitas medis setelah menyarankan penelitian tentang apakah Virus Corona COVID-19 dapat diobati dengan menyuntikkan desinfektan ke dalam tubuh.

Melansir laman BBC, Jumat (24/4/2020), ia juga mengusulkan iradiasi tubuh pasien dengan sinar UV, sebuah ide yang diberhentikan seorang dokter dalam briefing tersebut. 

Selama briefing tugas Virus Corona baru harian di Gedung Putih pada hari Kamis 23 April, seorang pejabat mempresentasikan hasil penelitian pemerintah AS yang mengindikasikan Virus Corona COVID-19 tampaknya melemah lebih cepat ketika terpapar sinar matahari dan panas.

Studi ini juga menunjukkan pemutih dapat membunuh virus dalam air liur atau cairan pernapasan dalam waktu lima menit dan isopropil alkohol dapat membunuhnya dengan lebih cepat.

William Bryan, penjabat kepala Direktorat Sains dan Teknologi Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, menguraikan temuan itu pada konferensi pers. Padahal, lembaga kesehatan publik Trump sendiri memberi peringatan terhadap pemutih yang digunakan sebagai obat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Kata Trump?

Sementara penelitian harus dilakukan dengan hati-hati, Trump menyarankan penelitian lebih lanjut di bidang tersebut.

"Jadi, seandainya kita memaparkan tubuh secara luar biasa, entah itu sinar ultraviolet atau hanya cahaya yang sangat kuat," kata presiden, beralih ke Dr Deborah Birx, koordinator respon Virus Corona Gedung Putih, "dan saya pikir Anda mengatakan bahwa tidak perlu diperiksa tetapi Anda akan mengujinya."

"Dan kemudian aku berkata, seandainya kamu membawa cahaya di dalam tubuh, yang bisa kamu dapatkan melalui kulit atau dengan cara lain. Dan aku pikir kamu mengatakan kamu akan menguji itu juga. Kedengarannya menarik," Trump melanjutkan.

"Dan kemudian saya melihat desinfektan di mana itu dapat mematikannya dalam satu menit. Satu menit. Dan apakah ada cara kita bisa melakukan sesuatu seperti itu, dengan menyuntikkan ke dalam tubuh. Jadi, akan menarik untuk memeriksanya."

Sambil menunjuk ke kepalanya, Trump melanjutkan, "Saya bukan dokter. Tapi saya, seperti, orang yang tahu apa yang baik."

Dia berbalik lagi ke Dr Birx dan bertanya apakah dia pernah mendengar menggunakan "panas dan cahaya" untuk mengobati coronavirus.

"Bukan sebagai pengobatan," kata Dr Birx. 

"Maksudku, tentu saja, demam adalah hal yang baik, ketika kamu demam itu membantu tubuhmu merespons. Tapi aku belum melihat panas atau cahaya," lanjutnya. 

"Saya pikir itu hal yang bagus untuk diamati," kata Trump.

Seorang jurnalis kemudian mempertanyakan apakah pernyataan Trump yang tidak bertanggung jawab dapat menyebarkan informasi berbahaya kepada orang Amerika.

3 dari 3 halaman

Reaksi dari Gagasan Trump

Dokter memperingatkan gagasan presiden bisa berakibat fatal.

Ahli paru, Dr Vin Gupta mengatakan kepada NBC News, "Gagasan menyuntikkan atau menelan segala jenis produk pembersih ke dalam tubuh adalah tidak bertanggung jawab dan berbahaya."

"Itu adalah metode umum yang digunakan orang ketika mereka ingin bunuh diri," lanjutnya. 

Kashif Mahmood, seorang dokter di Charleston, Virginia Barat, menulis di akun Twitter : "Sebagai seorang dokter, saya tidak bisa merekomendasikan menyuntikkan desinfektan ke paru-paru atau menggunakan radiasi UV di dalam tubuh untuk mengobati COVID-19."

"Jangan mengambil nasihat medis dari Trump."

Dokter lainnya lagi, John Balmes, seorang ahli paru di Rumah Sakit Umum Zuckerberg San Francisco, memperingatkan bahwa bahkan menghirup asap dari pemutih dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah.

Dia mengatakan kepada Bloomberg News, "Menghirup pemutih klorin akan benar-benar menjadi hal terburuk bagi paru-paru. Saluran napas dan paru-paru tidak dibuat untuk terpapar aerosol desinfektan sekalipun.

"Bahkan pengenceran rendah atau alkohol isopropil tidak aman. Itu konsep yang benar-benar konyol."

Trump sebelumnya telah menggunakan obat malaria, hydroxycloroquine, sebagai pengobatan yang mungkin untuk Virus Corona COVID-19, meskipun ia telah berhenti menggembar-gemborkan obat itu baru-baru ini.

Minggu ini, sebuah studi tentang pasien Virus Corona COVID-19, di rumah sakit yang dikelola pemerintah AS untuk veteran militer, ditemukan lebih banyak kematian di antara mereka yang diobati dengan hydroxychloroquine daripada mereka yang dirawat dengan perawatan standar.

Bereaksi terhadap pernyataan presiden pada Kamis malam, Joe Biden, calon penantang Demokrat dalam pemilihan Gedung Putih November, menulis di Twitternya: "sinar UV? Disinfektan suntikan? Inilah ide, Presiden: tes lebih lanjut. Sekarang. Dan peralatan pelindung untuk para profesional medis yang sebenarnya."

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memperingatkan warga Amerika untuk berhati-hati dengan produk pembersih karena penjualan desinfektan rumah tangga melambung di tengah pandemi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah memperingatkan agar tidak menelan disinfektan, dengan mengutip penjualan obat ajaib palsu yang mengandung pemutih dan tujuan untuk mengobati semuanya, mulai dari autisme hingga AIDS dan hepatitis.

Situs web agensi mengatakan, "FDA telah menerima laporan konsumen yang menderita muntah parah, diare parah, tekanan darah rendah yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh dehidrasi, dan gagal hati akut setelah minum produk ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.