Sukses

4 Fakta Equinox yang Terjadi 20 Maret di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Selama ini Virus Corona disebut akan hilang bersama dengan bergantinya musim. Equinox adalah tanda pergantian musim.

Liputan6.com, Jakarta - Equinox adalah fenomena tahunan yang terjadi dua kali pada Maret dan September. Pada Maret, peristiwa ini disebut equinox Musim Semi.

BMKG menyebut equinox sebagai fenomena astronomi ketika matahari melintasi garis khatulistiwa. Fenomena ini juga normal dan tidak perlu menimbulkan kecemasan.

Tahun ini, equinox terjadi pada 20 Maret 2020, alias sedang terjadi di wilayah negara-negara barat. Datangnya equinox juga menandakan perubahan musim.

Di tengah epidemi Virus Corona COVID-19, pemerintah China meyakini virus ini akan lenyap pada pergantian musim, dan equinox menjadi tanda bahwa musim di belahan bumi utara mulai berganti.

Berikut ini empat fakta menarik equinox seperti dilansir Earth Sky, Jumat (20/3/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tanda Musim Semi

Equinox sering dipandang sebagai tanda pergantian musim, yakni dari musim salju ke musim semi di bagian bumi utara, serta dari musim panas ke musim gugur di bagian bumi selatan.

Sekarang tandanya belahan bumi utara seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Asia Timur mulai masuk musim semi yang lebih hangat ketimbang musim salju.

Fenomena Equinox terjadi dua kali dalam setahun, yakni pada Maret dan September. Equinox yang terjadi di bulan September menandakan awal musim gugur pada 22 September mendatang.

3 dari 5 halaman

2. Embusan Angin Lebih Lembut

Musim semi adalah saat ketika kehidupan alam kembali aktif setelah hibernasi selama musim dingin. Tak heran terjadinya Equinox memancing respons positif dari alam.

Di belahan bumi utara, equinox menyebabkan matahari terbit lebih awal dan terbenamnya lebih lama ketimbang di musim salju. Embusan angin pun lebih lembut dan tanaman mulai bertunas.

Namun, di belahan bumi selatan cuaca menjadi lebih dingin dan daun-daun berguguran. Itulah tanda musim gugur.

4 dari 5 halaman

3. Panjang Siang dan Malam Sama

Equinox berasal dari bahasa latin, yakni aequues (equal/setara) dan nox (malam). Selama equinox, panjang malam dan siang menjadi sama.

Pada equinox, malam dan siang akan sama-sama berlangsung 12 jam. Meski demikian, matahari sebetulnya masih bersinar delapan menit lebih lama dari malam.

5 dari 5 halaman

4. Terbit dan Terbenam Tepat Sasaran

Matahari terbit dari barat dan terbenam di timur. Namun, sebetulnya terbit dan terbenamnya matahari tak selalu tepat sasaran.

Pada hari-hari biasa, gerak terbit dan terbenam matahari agak sedikit ke utara atau selatan. Berbeda di hari equinox, matahari akan tepat terbit dan terbenam di timur dan barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.