Sukses

Kasus Virus Corona di Thailand Bertambah 1, Total Pasien Jadi 35

Kasus virus corona baru kembali ditemukan di Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Thailand melaporkan satu kasus baru Virus Corona COVID-19 pada Senin (17/2/2020). Pemerintah Thailand langsung meningkatkan pemeriksaan terhadap pengunjung dari Singapura dan Jepang yang memasuki Negeri Gajah Putih.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (17/2/2020), kasus baru itu menginfeksi seorang wanita asal China berusia 60 tahun yang anggota keluarganya sudah tertular virus itu.

Kasus terbaru ini menjadikan jumlah total kasus di Thailand menjadi 35 sejak Januari, kata Sekretaris Tetap Kementerian Kesehatan Thailand Sukhum Kanchanapimai.

"Ini dari kasus lama keluarga China yang terdiri dari sembilan orang, semuanya sudah terinfeksi," katanya.

Sebagai dampaknya, otoritas kesehatan Thailand mengatakan mereka akan memperketat pengawasan virus untuk melindungi para pelancong dari Jepang dan Singapura, selain mereka yang berasal dari China daratan, Hong Kong dan Taiwan.

Jepang dan Singapura memiliki dua dari jumlah kasus yang dilaporkan tertinggi di luar Tiongkok.

Siapa pun dari tempat-tempat yang menunjukkan gejala Virus Corona akan dikarantina di rumah sakit pemerintah.

"Wisatawan dari Jepang dan Singapura yang terserang demam atau gejala pernapasan dalam 14 hari setelah memasuki negara itu akan diperlakukan seperti pelancong dari Tiongkok," kata Sukhum.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Larang Penumpang Kapal Westerdam

Selain itu, Thailand tidak akan mengizinkan masuknya warga negara asing yang menjadi penumpang kapal pesiar Westerdam, yang sekarang berlabuh di Kamboja, setelah seorang wanita Amerika dites positif terkena Virus Corona di Malaysia selama akhir pekan.

Ada 21 warga negara Thailand di kapal tersebut dan otoritas kesehatan mengatakan mereka semua akan dikarantina selama 14 hari ketika mereka memasuki Thailand.

Lima belas orang yang telah terinfeksi di Thailand telah pulih dan kembali ke rumah, sementara 20 orang lainnya masih dirawat di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.