Sukses

Tentara Australia Rawat Koala Korban Kebakaran Hutan Saat Libur Kerja

Tentara Australia memanfaatkan waktu liburnya untuk membantu beri makan koala korban kebakaran hutan Australia.

Liputan6.com, Australia - Langkah penyelamatan hewan terlihat telah meningkat di seluruh wilayah Australia, dengan tujuan untuk membantu koala dan hewan-hewan lain yang terluka akibat kebakaran hutan yang berkepanjangan.

Salah satu contohnya, seperti dikutip dari ABC News, Rabu (29/1/2020), prajurit di seluruh dunia telah menyumbangkan kreasi mereka untuk melindungi cakar koala akibat kobaran api. Tentara Angkatan Darat Australia bahkan menggunakan hari libur mereka untuk merawat koala korban kebakaran hutan.

Tentara Australia datang untuk menyelamatkan beberapa koala lapar yang diselamatkan dari kebakaran hutan yang melanda negara itu. Beberapa tentara pria dan wanita terlihat memeluk koala yang dibungkus selimut selama waktu makan di Cleland Wildlife Park di Crafers, Australia Selatan.

Warga Australia ragu bahwa satwa liar di negara itu akan dapat pulih sepenuhnya, karena dampak kebakaran berlanjut selama beberapa bulan terakhir. Pasalnya, para ahli memperkirakan bahwa 80 persen habitat koala dan sebanyak satu miliar hewan dikhawatirkan telah mati setelah negara itu dilahap habis oleh api.

Kebakaran hutan Australia yang terjadi cukup panjang, mengakibatkan koala sebagai hewan Asli Australia masuk dalam daftar spesies yang terancam punah.

Menteri Lingkungan Hidup Australia, Sussan Ley, sebelumnya menyarankan agar koala dicantumkan sebagai spesies yang terancam punah setelah populasi mereka terpukul oleh kebakaran hutan yang sedang berlangsung di negara itu, seperti yang dilaporkan oleh Republic World.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Tentara Buat Warganet Terenyuh

Seperti yang diunggah pada hari Selasa, melalui akun Instagram Australian Army, para tentara pria dan wanita terlihat sedang memeluk koala yang dilapisi oleh selimut sembari diberi cairan makanan.

Unggahan tersebut membuat banyak warganet terenyuh dan turut menyampaikan apresiasi atas rasa terima kasihnya di kolom komentar. 

 

Dalam unggahan itu, dikatakan bahwa para tentara dari Pasukan Pendukung Darurat ke-16 telah menggunakan waktu libur sementara mereka untuk merawatw dan memberikan bantuan kepada koala di Clealand Wildlife Park, Australia.

Para koala tersebut ditemani selama waktu makan dan para tentara membantu untuk membangun gunung panjat di dalam taman untuk para koala tinggal sementara. Pihak Tentara Australia juga turut memberi dorongan dan semangat besar untuk tim mereka yang telah bekerja keras di Adelaide Hills.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.