Sukses

Tawaran Kanada Sambut Megxit, dari Kopi Gratis hingga Tak Ada Paparazzi

Liputan6.com, Jakarta Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, yang juga dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex, mengejutkan dunia dengan pernyataan mereka yang berencana mundur dari tugas kerajaan. Bahkan mereka akan tinggal paruh waktu di Amerika Utara.

Wilayah Amerika Utara yang dimaksud Harry dan Meghan kemungkinan besar adalah Kanada, seperti dikutip dari The New York Times, Minggu (11/1/2020).

Hengkangnya Harry dan Meghan dari Kerajaan Inggris pun mendapatkan julukan Megxit (Meghan-Harry Exit) yang terinspirasi dari Brexit (British Exit).

Salah Satu pemilik bisnis kopi asal Kanada, Tim Hortons, mengungkapkan kesenangannya dengan memberikan tawaran kopi gratis seumur hidup untuk pasangan tersebut bila memang mereka memilih tinggal di Kanada.

Ia pun menulis di Twitter, "Tidak ada tekanan, Meghan dan Harry. Tetapi jika Anda memilih untuk pindah ke Kanada, kopi gratis seumur hidup. Pikirkan tentang itu."

2 dari 4 halaman

Masyarakat Kanada Antusias

Dalam pekanini, hasil dari poling antusiasme masyarakat Kanada menunjukkan bahwa 60 persen orang Kanada mendukung penunjukan Pangeran Harry sebagai gubernur jenderal, wakil mahkota dalam sistem monarki konstitusional Kanada.

Seorang penulis yang berasal dari Toronto, Anne T. Donahue mengatakan dalam The Globe and Mail (surat kabar nasional terkemuka Kanada), bahwa kedatangan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle merupakan "dongeng yang kita semua layak dapatkan."

Respon akan antusiasme juga disampaikan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. Dalam akun Twitter pribadinya, ia menyampaikan sambutannya kepada Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle saat berlibur di Kanada pada Desember lalu. 

"Pangeran Harry, Meghan, dan Archie, kami semua berharap Anda tetap tenang dan diberkati di Kanada," tulisnya. "Anda di antara teman-teman, dan selalu diterima di sini," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Kanada Berikan Tawaran Privasi yang Baik

The New York Times juga mengatakan, Kurangnya campur tangan media Kanada juga disebut dapat menjadi tawaran yang baik selama mereka ada di Kanada.

Ketertarikan media Kanada memang jelas terlihat mengenai pasangan tersebut, namun media Kanada tidak memiliki budaya tabloid atau paparazzi yang sama dengan Inggris atau AS.

Foto paparazzi dari Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle juga tidak terlihat selama enam minggu mereka berada di Pulau Vancouver, seperti dikutip dari BBC

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Potret Salju Tebal Selimuti Jalanan hingga Mobil di Kanada
Artikel Selanjutnya
Kanada Desak Iran Segera Kirim Black Box Pesawat Ukraina yang Ditembak ke Prancis