Sukses

Pemilu Taiwan Unggulkan Tsai Ing-wen, Pendukung Petahana Bersorak

Liputan6.com, Taipei - Tsai Ing-wen unggul dalam perolehan sementara di pemilu Taiwan tahun ini. Suara yang ia raih jauh melewati rivalnya dari Partai Kuomintang.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di kamp pemenangan Tsai Ing-wen di kawasan Zhongshan, Taipei, sorak sorai pendukung pertahana mulai terdengar pada Sabtu (11/1/2020) malam.

Meski waktu pengumuman resmi masih beberapa jam dari jadwal yang ditentukan oleh Central Election Commission, namun para pendukung dari Tsai sudah sangat optimis meraih kemenangan.

Sejak pukul 20.50 waktu setempat, total suara yang diraih oleh Tsai Ing-wen sudah menyentuh angka 8 juta dari total pemilih 19,3 juta. Sementara rivalnya Han Kuo-yu yang meraih suara 5 juta.

Hingga kini real count pemilu Taiwan yang dilakukan oleh CEC terus berjalan, sementara para pendukung Tsai terus menyuarakan yel-yel kemenangan.

Pendukung Tsai optimis akan kemenangan lantaran suara yang masuk sudah melewati angka 70 persen.

Menurut keterangan dari rilis yang diterima Liputan6.com pada Sabtu, 11 Januari 2020, sistem penghitungan suara akan diselesaikan pada hari yang sama, sekitar pukul 22.00 waktu setempat.

Real-time Election Result Online adalah sistem yang digunakan untuk mengupdate hasil pemilihan suara pemilu Taiwan.

Sistem distribusi sendiri dilakukan dari seluruh penjuru Taiwan. Setelah pemungutan suara selesai, masing-masing TPS akan menghitung suara. Hasil suara itu akan ditulis dalam laporan resmi dan hasilnya dikirim lewat sistem online.

Pihak Counting and Information Center di Taipei akan menerima hasil suara dari masing-masing TPS di desa maupun kota lalu memasukannya dalam sistem Real-time Election Result Online.

2 dari 3 halaman

Jumlah TPS di Seluruh Taiwan

CEC menyebut jumlah pemilih yang terdaftar secara resmi berjumlah 19.316.248 orang. 5.143 di antaranya adalah pemilih yang tinggal di luar negeri.

Ada tiga pasang kandidat yaitu pertahana presiden Tsai Ing-wen dan Lai Ching-te dari Democratic Progressive Party (DPP), Han Kuo-yu dan Chang San-cheng mewakili Kuomintang (KMT) dan James Soong dan Sandra Yu mewakili People First Party.

CEC juga merilis jumlah TPS di Taiwan mencapai 17.226 lokasi dengan jumlah staf mencapai 228.058 orang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemilu Taiwan Usai, Tiongkok Ajak Dunia Tetap Patuhi Prinsip Satu China
Artikel Selanjutnya
Kesetaraan Gender hingga Masa Depan, Ini 6 Harapan Pemilih Muda di Pemilu Taiwan