Sukses

Mengira Bongkahan Emas, Pria Ini Ternyata Temukan Benda Lebih Berharga

Ia menemukan sesuatu yang tidak biasa: batu yang sangat tebal dan kemerahan bersemayam di tanah liat.

Liputan6.com, Melbourne - Berbekal detektor logam, David Hole mencari endapan mineral di Maryborough Regional Park dekat Melbourne, Australia, 2015 silam. Ia menemukan sesuatu yang tidak biasa: batu yang sangat tebal dan kemerahan bersemayam di tanah liat.

David kemudian membawa batu itu pulang dan mencoba segala cara untuk memecahkannya. Awalnya ia yakin ada emas di dalam batu itu, karena Maryborough berada di wilayah Goldfields, di mana demam emas Australia memuncak pada abad ke-19.

Untuk membelah penemuannya, Hole mencoba dengan gergaji batu, penggiling sudut, bor, bahkan memasukkan benda itu ke dalam asam, hingga palu godam namun tidak berhasil.

Setekah mencoba sangat keras untuk membuka batu itu, bertahun-tahun kemudian ia tahu bahwa benda itu bukan lah berisi emas, melainkan meteorit yang langka.

"Ini memiliki penampilan yang terpahat, berlesung pipit," kata ahli geologi museum Dermot Henry kepada The Sydney Morning Herald.

"Itu terbentuk ketika mereka datang melalui atmosfer, mereka meleleh di luar, dan atmosfer memahat mereka."

Meski tidak berhasil membuka batu itu, ia masih penasaran dan membawanya ke Museum Melbourne untuk diidentifikasi.

"Saya telah melihat banyak batu yang menurut orang adalah meteorit," kata Henry kepada 10 orang setiap hari.

Bahkan, setelah 37 tahun bekerja di museum dan memeriksa ribuan batu, Henry menjelaskan hanya dua batu yang pernah berubah menjadi meteorit nyata. Salah satunya dalam foto di bawah ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meteorit Berumur 4,6 Miliar Tahun

"Jika Anda melihat batu di Bumi seperti ini, dan Anda mengambilnya, itu seharusnya tidak seberat itu," kata ahli geologi Museum Melbourne, Bill Birch, kepada The Sydney Morning Herald.

Para peneliti baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah ilmiah yang menggambarkan meteorit berumur 4,6 miliar tahun, yang mereka sebut Maryborough setelah kota di dekat tempat meteorit itu ditemukan.

Ini adalah 17 kilogram besar (37,5 pon), dan setelah menggunakan gergaji berlian untuk memotong irisan kecil, mereka menemukan komposisinya memiliki persentase besi yang tinggi, menjadikannya sebagai konduktor H5 biasa.

Setelah terbuka, Anda juga dapat melihat tetesan kecil kristal mineral di dalamnya, yang disebut chondrules.

"Meteorit menyediakan bentuk eksplorasi ruang angkasa termurah. Meteorit membawa kita kembali ke masa lalu, memberikan petunjuk tentang usia, pembentukan, dan kimiawi Tata Surya kita (termasuk Bumi)," jelas Henry.

"Beberapa memberikan pandangan sekilas ke bagian dalam planet kita. Di beberapa meteorit, ada 'stardust' yang bahkan lebih tua dari Tata Surya kita, yang menunjukkan kepada kita bagaimana bintang terbentuk dan berevolusi untuk menciptakan elemen-elemen dari tabel periodik.

"Meteorit langka lainnya mengandung molekul organik seperti asam amino; blok pembangun kehidupan."

Meskipun para peneliti belum tahu dari mana asal meteorit itu dan berapa lama itu ada di Bumi, mereka memiliki beberapa dugaan.

 

3 dari 4 halaman

Ada di Bumi Antara 100 dan 1.000 Tahun

Tata Surya dulunya adalah tumpukan debu dan batu chondrite. Akhirnya gravitasi menarik banyak bahan ini bersama-sama ke planet-planet, tetapi sisanya sebagian besar berakhir di sabuk asteroid besar.

"Meteorit khusus ini kemungkinan besar keluar dari sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter, dan telah didorong keluar dari sana oleh beberapa asteroid yang saling bertabrakan, lalu suatu hari ia menghancurkan Bumi," jelas Henry 10 setiap hari.

Penanggalan karbon menunjukkan bahwa meteorit telah ada di Bumi antara 100 dan 1.000 tahun, dan ada sejumlah penampakan meteor antara tahun 1889 dan 1951 yang bisa sesuai dengan kedatangannya di planet kita.

Para peneliti berpendapat bahwa meteorit Maryborough jauh lebih jarang daripada emas. Ini adalah salah satu dari hanya 17 meteorit yang pernah dicatat di negara bagian Victoria di Australia, dan ini merupakan massa chondritic terbesar kedua, setelah spesimen 55 kilogram yang diidentifikasi pada tahun 2003.

"Ini hanya meteorit ke-17 yang ditemukan di Victoria, padahal sudah ada ribuan nugget emas yang ditemukan," kata Henry pada 10 harian.

"Melihat rangkaian peristiwa, bisa dibilang, astronomis itu ditemukan sama sekali."

Bahkan bukan meteorit pertama yang perlu beberapa tahun untuk sampai ke museum. Dalam kisah yang luar biasa yang kami bahas tahun lalu, satu batu luar angkasa memakan waktu 80 tahun, dua pemilik, dan tugas sebagai palang pintu sebelum membuatnya ke museum.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini