Sukses

Patah Hati Atas Keputusan Brexit, Pejabat Uni Eropa Kirim 'Surat Cinta'

Liputan6.com, London - Seorang pejabat ternama Uni Eropa menuliskan 'surat cinta' kepada Inggris. Di dalamnya, ia tuliskan rasa sakit hati yang mendalam terkait Brexit dan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa. Ia pun menuliskan: "Anda akan selalu diterima kembali dengan baik."

Wakil Presiden Komisi Eropa Frans Timmermans menulis surat itu melalui The Guardian.

"Sejak saya bersekolah di Inggris, Anda selalu menjadi bagian dari saya. Dan sekarang kamu pergi, itu melukai hati saya," ujarnya dalam tulisan tersebut. 

Inggris memiliki waktu hingga 31 Januari 2020 untuk meninggalkan Uni Eropa

Dilansir dari BBC, Jumat (27/12/2019), para anggota parlemen telah melewati kesepakatan Brexit usulan Perdana Menteri Boris Johnson pada tanggal 20 Desember, hanya delapan hari setelah Partai Konservatifnya memenangkan mayoritas dalam pemilihan umum.

Hal ini kemudian akan memicu periode transisi negosiasi, yang dipastikan Perjanjian Penarikan Johnson tidak akan melampaui tahun 2020.

2 dari 4 halaman

Apa Isi Suratnya?

Wakil presiden eksekutif Komisi Eropa itu mengawali suratnya dengan mengatakan dia "baru-baru ini membaca buku surat cinta yang menyenangkan ke Eropa. Dan itu membuat saya merenungkan cinta saya pada Inggris".

Timmermans yang merupakan warga negara Belanda mengingat waktunya di Sekolah Internasional Inggris, St George di Roma dan mengatakan bahwa, selama hidupnya, "Inggris selalu ada di sana. Sebagai bagian dari diri saya."

Dia menambahkan: "Aku tahu kamu sekarang. Dan aku mencintaimu. Untuk siapa kamu dan apa yang kamu berikan padaku. Aku seperti kekasih lama."

Dia mengatakan Inggris berpikir itu "unik dan berbeda" tetapi ini "mungkin kurang dari yang Anda pikirkan".

Timmerman menerima adanya perbedaan antara semua negara anggota yang dapat menjadi kekuatan positif dan negatif, dan bahwa hal-hal dapat "dengan cepat keluar dari kendali".

Dia mengatakan Inggris masih dalam dua pikiran tentang Uni Eropa, dan "Saya melihat hal itu menyakiti Anda".

Dia menulis: "Sejujurnya, saya merasa sangat terluka ketika Anda memutuskan untuk pergi. Tiga tahun kemudian saya sedih bahwa anggota keluarga kami ingin memutuskan hubungan dengan kami."

"Tetapi pada saat yang sama saya menemukan kenyamanan dalam pemikiran, bahwa ikatan keluarga tidak akan pernah benar-benar terputus. Kami tidak akan pergi dan Anda akan selalu disambut untuk kembali."

Sejumlah postingan di media sosial bernada positif mengenai surat itu.

Mantan pemimpin Partai Hijau, Natalie Bennett, rekan sejawat House of Lords yang baru, menulis di akun Twitternya bahwa surat itu adalah "Sesuatu untuk diingat. Dan terima kasih."

Sekretaris Buruh dan Sekretaris Transportasi Andrew Adonis juga berkomentar di akun Twitternya tentang kembalinya Inggris: "Hanya masalah waktu".

Brexiteers, sebutan bagi mereka yang mendukung hengkangnya Inggris dari Uni Eropa merasa kurang terkesan. Mantan sekretaris jendral UKIP Paul Oakley menulis: "Yuck. Sama seperti mantan yang melekat, Frans Timmermans telah menulis surat ke Inggris yang merindukan kita kembali ke Uni Eropa."

3 dari 4 halaman

Bagaimana Perkembangan Brexit Saat Ini?

Dengan asumsi Parlemen Eropa juga memberi lampu hijau, Inggris secara resmi akan meninggalkan UE pada 31 Januari dengan kesepakatan penarikan - dan kemudian akan memasuki masa transisi yang dijadwalkan berakhir pada 31 Desember 2020.

Selama periode ini, Inggris secara efektif akan tetap berada di serikat pabean Uni Eropa dan pasar tunggal - tetapi akan berada di luar lembaga-lembaga politik dan tidak akan berada di anggota Parlemen Eropa di Inggris.

Prioritas utama saat ini adalah untuk menegosiasikan kesepakatan perdagangan dengan UE, dalam waktu yang singkat.

UE dapat membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menyetujui mandat negosiasi formal, dan itu berarti pembicaraan formal baru akan dimulai pada bulan Maret.

Ini bukan hanya kesepakatan dagang yang perlu diselesaikan. Inggris harus menyetujui bagaimana negaranya akan bekerja sama dengan UE dalam hal keamanan dan penegakan hukum.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: