Sukses

Semangat Persahabatan Vietnam-Sukarno Masih Terasa Meski 60 Tahun Berlalu

Liputan6.com, Hanoi - KBRI Hanoi berkerja sama dengan Radio Voice of Vietnam (VOV) telah menyelenggarakan perayaan 60 tahun saling kunjung Presiden Ho Chi Minh dan Presiden Sukarno bertempat di Teater VOV, 58 Quan Su, Hanoi. Acara yang digelar pada Senin 23 Desember 2019 juga disiarkan secara langsung di VOV TV.

Sejumlah tamu undangan yang hadir antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Quoc Dung, Wakil Menteri Kebudayaan, Olah Raga dan Pariwisata Vietnam Ta Quang Dong, Plt. Kepala ANRI M. Taufik, Ketua Asosiasi Persahabatan Vietnam - Indonesia Nguyen Dang Quang, Duta Besar negara sahabat, korps diplomatik serta masyarakat Indonesia dan Vietnam.

Perayaan 60 tahun saling kunjung Presiden Ho Chi Minh dan Presiden Sukarno di VIetnam. (Dokumentasi KBRI Hanoi)

Presiden Ho Chi Minh berkunjung ke Indonesia pada 27 Februari - 8 Maret 1959 dan Presiden Sukarno berkunjung ke Vietnam 3 bulan kemudian pada 24 - 29 Juni 1959.

"60 tahun berlalu, saling kunjung tersebut telah meletakkan pondasi yang kuat bagi hubungan bilateral Indonesia - Vietnam saat ini," ungkap Dubes RI Hanoi Ibnu Hadi saat menyampaikan sambutan pembukaan seperti tertuang dalam keterangan tertulis yang Liputan6.com muat Jumat (27/12/2019).

Acara perayaan pada Senin malam mengumumkan dan memberikan hadiah bagi para pemenang lomba karya tulis dengan tema persahabatan Presiden Ho Chi Minh dan Sukarno yang diluncurkan pada 14 Oktober 2019. Sampai dengan penutupan pada 15 Desember 2019, VOV telah menerima lebih dari 300 karya tulis. Peserta tertua berusia 83 tahun dan yang termuda 21 tahun.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Dubes RI untuk Hanoi

Dubes RI Hanoi sangat menghargai antusiasme, kreativitas, dan kerja keras yang telah dituangkan oleh para peserta dalam tulisan mereka.

"Pemikiran dan gagasan yang ada dalam karya tulis tersebut sangat penting dan merupakan bukti nyata bahwa semangat persahabatan antara Presiden Ho Chi Minh dan Presiden Sukarno masih hidup dalam ingatan kita semua" ungkapnya.

Semangat persahabatan makin terasa dengan kolaborasi antara penyanyi Vietnam Cẩm Tú dan "Sunset" Band dari Bali yang menbawakan lagu Bengawan Solo. Acara juga semakin meriah dengan penampilan tari Indang dari Sumatera Barat dan tari Topeng Sekartaji dari Yogyakarta yang dibawakan oleh alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) asal Vietnam.

Perayaan 60 tahun saling kunjung Presiden Ho Chi Minh dan Presiden Sukarno di VIetnam. (Dokumentasi KBRI Hanoi)

Acara peringatan 60 tahun kunjungan bersejarah Presiden Ho Chi Minh dan Soekarno bertujuan menjaga semangat persahabatan yang dimiliki oleh proklamator kedua negara tersebut dan meneruskannya kepada generasi penerus bangsa. Pelaksanaan acara peringatan juga dalam rangka menyambut 65 tahun pembentukan hubungan diplomatik Indonesia - Vietnam pada tahun 2020.